MALIQ & D’Essentials Perkenalkan Album 'Can Machines Fall In Love?'

Kamis, 09 Mei 2024 – 07:17 WIB
Grup musik, MALIQ & D’Essentials di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Senin (13/11). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Grup musik, MALIQ & D’Essentials mengumumkan album baru yakni Can Machines Fall In Love? yang akan diluncurkan pada 30 Mei 2024.

Album kesembilan tersebut berisi tujuh lagu, termasuk 2 single yang sudah rilis lebih dahulu seperti Intro, Dadidu di Dada, Aduh, Terus Terang, Kita Bikin Romantis, Begini Begitu, dan Hari Terakhir.

BACA JUGA: Setelah Pro dan Kontra, MALIQ & D’Essentials Rilis Video Klip Kita Bikin Romantis

Sebelum hari peluncuran, MALIQ & D’Essentials memperdengarkan album itu kepada tamu undangan untuk pertama kalinya.

Band beranggotakan Angga Puradiredja, Widi Puradiredja, Indah Wisnuwardhana, Jawa, Lale, dan Ilman Ibrahim itu mengadakan hearing session experience di FLIX Cinema, ASHTA District 8, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Setelah Aduh, MALIQ & D’Essentials Kini Rilis Kita Bikin Romantis

Can Machines Fall In Love? merupakan album kesembilan MALIQ & D’Essentials yang melewati sesi workshop dimulai sejak Juni 2023.

Hal yang signifikan dalam pembuatan adalah penulisan lirik lagu-lagu dalam album dilakukan oleh keenam anggota.

BACA JUGA: Kembali ke Warner Music Indonesia, MALIQ & D’Essentials Hadirkan Aduh

Sementara itu, aransemen musik yang menghiasi karakter diklaim sangat MALIQ & D’Essentials.

Widi mengatakan tema besar penulisan lirik lagu untuk album kali ini band tidak terlalu ambil pusing. Bahkan pemilihan aransemen musiknya juga mengalir begitu saja tanpa rencana khusus.

"Kami enggak terlalu mikir sebenarnya dari sisi lirik album ini akan jatuh cinta, apakah akan sedih-sedihan. Kami on the spot aja semuanya, apa yang relevan di anak-anak. Hampir semua lirik itu enggak ada yang datang mentahan. Pasti semua anak-anak relate sama penulisannya. Kalau dari sisi aransemen, mengacu album 1-4. Kira-kira begini jenis musik MALIQ,” kata Widi, MALIQ & D’Essentials

Berbicara soal penamaan album dan pengerjaan cover, ini merupakan wujud dari pengalaman MALIQ & D’Essentials pribadi selama mengerjakan album di tengah kecanggihan teknologi.

Mungkin yang paling heboh saat ini adalah salah satunya bagaimana AI (Artificial Intelligence, red) bisa mempengaruhi kreativitas, cara bekerja, dan cara berproduksi.

"Kami tidak membenci teknologi, namun menganggap perasaan masih suatu hal yang terkuat untuk sampai ke pendengar dan kami belum merasakan teknologi bisa menggantikannya,” jelas Widi.

Seiring dengan kesuksesan single Aduh dan Kita Bikin Romantis, MALIQ & D’Essentials masih bekerja sama dengan Warner Music Indonesia untuk pendistribusian album baru.

Kerja sama tersebut bersemi kembali setelah sempat terhenti saat album keempat pada 2010.

“Sudah waktunya MALIQ & D’Essentials bermitra dengan mitra yang tahu MALIQ seperti apa dan yang paling penting tahu kebutuhan MALIQ apa. Kami merasa Warner Music Indonesia sesuai dengan kebutuhan kami dari sisi bisnis di industri ini terutama,” beber Widi.

Genap berusia 22 tahun tanggal 15 Mei 2024, MALIQ & D’Essentials menganggap kesuksesan yang selama ini diraih adalah karunia dan rezeki yang dititipkan sang pencipta.

Para personel berharap bisa terus berkembang menjadi turunan-turunan produk Intellectual Property (IP) yang bisa memberikan rasa, nilai, dan spirit dari apa yang sudah dilakukan mereka melalui musik.

Sejak menggelar konser tunggal pada Mei 2023, MALIQ & D’Essentials terbukti semakin produktif.

Selain album baru, MALIQ & D’Essentials sudah merencanakan banyak hal tahun ini.

Sementara itu, hearing session experience album baru MALIQ & D’Essentials menjadi pembuka rangkaian Can Machines Fall In Love? Experience yang berlangsung pada 7 Mei sampai 9 Juni 2024 di Melting Pot, GF, ASHTA District 8, Jakarta Selatan. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler