Man United v Valencia: Buru Juara Grup

Selasa, 07 Desember 2010 – 16:20 WIB
MANCHESTER - Manchester United dan Valencia sudah memastikan tempat di fase knockout (babak 16 besar) Liga ChampionsKedua tim sama-sama lolos sebagai wakil grup C

BACA JUGA: Tak Gentar Ditunggu Gamboa

Namun, bukan berarti bentrok di Old Trafford dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 02.30 WIB) tidak menarik lagi.

Ya, ada misi yang masih diusung kedua tim
Tak lain persaingan memburu predikat juara grup

BACA JUGA: Empat Tahun Lagi Gantung Sarung

Status itu lumayan krusial karena memungkinkan mereka terhindar lawan raksasa di 16 besar
Sebagai catatan, babak 16 besar mempertemukan para juara grup dengan runner-up dengan perkecualian tidak boleh senegara dan segrup sebelumnya.

United yang kini unggul tiga poin (13-10) dari Valencia praktis hanya butuh hasil imbang untuk merengkuh juara grup

BACA JUGA: Rield: Kami Ingin Sapu Bersih

Sedangkan Valencia harus menang apabila ingin finis di atas Setan Merah - sebutan United.

"Segalanya sudah jelasKami menginginkan juara grup demi menghindari tim-tim besar di babak 16 besarkami bakal bermain maksimal menghadapi Valencia," ungkap Edwin van der Sar, kiper United, seperti dilansir Reuters.

Van der Sar tidak memungkiri apabila Barcelona dan Real Madrid merupakan tim yang paling dihindari kontestan lain di 16 besarApalagi duo raksasa Spanyol itu sudah mengunci peringkat satu di grup masing-masing"Ketika Anda bertemu tim-tim seperti mereka (Barcelona dan Real, Red), Anda harus memberikan standar permainan terbaikKami belum pernah menghadapi tim besar selama fase grup sehingga kami bisa mengalami kesulitan apabila sudah bertemu mereka lebih awal," tambah kiper 40 tahun itu.

Laga melawan Valencia sekaligus menjadi misi pribadi Van der SarKiper yang direncanakan pensiun di akhir musim itu bertekad mempertahankan catatan clean sheet alias tidak kebobolan UnitedDalam lima laga sebelumnya, belum ada pemain lawan yang mampu mengoyak gawang Van der Sar.

"Saya rasa ada kebanggaan tersendiri ketika Anda mampu mempertahankan gawang Anda dari kebobolan selama mungkin," terang kiper yang memegang clean sheet terlama (1.311 menit) di Premier League itu.

Di sisi lain, penundaan laga kontra Blackpool Sabtu lalu (4/12) gara-gara lapangan terbenam salju praktis menguntungkan UnitedDengan kata lain, kondisi pemain United saat ini benar-benar bugarPelatih United Sir Alex Ferguson pun berencana memainkan skuad terbaiknya kendati akan menghadapi Arsenal akhir pekan ini (13/12).

"Semua pemain kami, kecuali Owen Hargreaves dan Jonny Evans yang sama-sama cedera, menjalani sesi latihan dengan sangat baikItu membantu saya mengatur komposisi pemain untuk dua laga ke depan," tutur Ferguson kepada MUTV.

Valencia tidak mau kalahEntrenador Unai Emery membawa skuad terbaik Los Che - sebutan Valencia - ke Old TraffordDari daftar 19 pemain, Emery menyertakan Joaquin, Juan Mata, Roberto Soldado, dan David AlbeldaKiper utama Cesar Sanchez yang dibekap cedera betis sejak 8 November lalu ikut masuk rombongan.

"Betis saya sudah membaik dan tidak nyeri lagiSaya senang ketika mengetahui apabila laga pertama saya setelah cedera adalah di Old Trafford," kata Cesar sebagaimana dikutip Marca.

"Ketika saya berkarir di Inggris, saya tidak pernah merasakan atmosfer pertandingan di Old TraffordJadi, ini merupakan kesempatan yang tidak ingin saya sia-siakan," tambah mantan kiper Tottenham Hotspur di musim 2008-2009 itu(dns/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Man United (4-4-2): 1-Van der Sar (g); 21-Rafael, 5-Ferdinand, 15-Vidic, 3-Evra; 17-Nani, 24-Fletcher, 16-Carrick, 13-Park; 9-Berbatov, 10-Rooney
Pelatih: Sir Alex Ferguson

Valencia (4-3-2-1): 1-Cesar (g), 23-Miguel, 3-Maduro, 20-Ricardo Costa, 22-Mathieu; 6-Albelda, 24-Tino Costa, 21-Banega; 7-Joaquin, 10-Juan Mata; 9-Soldado
Pelatih: Unai Emery

Stadion: Old Trafford, Manchester
Wasit: Pedro Proenca (Portugal)

Empat Bentrok Terakhir (Liga Champions)
29-9-2010 Valencia v United    0-1
20-2-2001 United v Valencia    1-1
14-2-2001 Valencia v United    0-0
21-3-2000 Valencia v United    0-0

Di atas kertas
Manchester United mencatat sekali menang dan dua kali seri sepanjang sejarah menjamu Valencia di Old TraffordSatu-satunya kemenangan United dicatat sebelas tahun lalu dengan skor 3-0Salah satu gol kala itu dicetak Paul Scholes yang kini masih membela United.

Bursa Asian Handicap
Man United v Valencia     0 : 1/2


Tim Lolos ke 16 Besar (Sejauh Ini)
- Tottenham Hotspur
- Chelsea
- Manchester United
- Barcelona
- Real Madrid
- Valencia
- AC Milan
- Inter Milan
- Bayern Munchen
- Schalke 04
- Olympique Lyon
- Olympique Marseille

BACA ARTIKEL LAINNYA... Riedl Intip Calon Lawan ke Vietnam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler