Manakarra Fair 2024 Hadirkan Pameran Kain Tenun Ratusan Tahun

Senin, 15 Juli 2024 – 20:35 WIB
Ilustrasi Manakarra Fair 2024. Foto: source for JPNN

jpnn.com - MAMUJU - Manakarra Fair 2024 berlangsung di Anjungan Pantai Manakkara, Mamuju, Sulawesi Barat, 12-14 Juli.

Tahun ini, Manakarra Fair mengusung tema “The Heritage of Mamuju” yang menampilkan karya-karya terbaik dari berbagai komunitas dan kelompok.

BACA JUGA: 4 Agenda Wisata Sulsel Masuk Karisma Event Nusantara 2024, Apa Saja?

Ada pula lounge khusus “Mamuju” untuk menampilkan tenun, makanan khas, karya seni, dan kopi khas Kalumpang. Selain itu, penampilan spesial dari salah satu band senior Mamuju, The Manakarra, yang merupakan komposer dan band profesional dari Mamuju bertajuk “Tujuh Belas Tahun Berkarya oleh The Manakarra”, turut meramaikan event tahunan ini.

Kain tenun berusia lebih dari 480 tahun asal Mamuju pun dipamerkan dalam format sendratari dan fashion show.

BACA JUGA: Festival Pacu Jalur Kuansing Masuk 10 Besar Karisma Event Nusantara 2024

Selain itu, sederetan pagelaran seni dan budaya turut meramaikan Manakarra Fair 2024 ini.

Pengunjung dapat menyaksikan Mamuju Pavilion, sendratari Tenun Sekomandi, Sendratari Masossor Manurung, Talkshow alternative energy, pertunjukan musik, pameran dari UMKM dan ekonomi kreatif serta komunitas.

BACA JUGA: Riau Bhayangkara Run Dilirik Kemenparekraf, Disarankan Jadi Event Nasional

Manakarra Fair 2024 ditujukan untuk mendorong perekonomian masyarakat sekitar. Untuk itu, event ini sering dijadikan ruang promosi bagi komunitas-komunitas lokal Mamuju sehingga dapat diapresiasi oleh para pengunjung acara.

Manakarra Fair juga menyediakan tempat khusus bagi UMKM, brand, instansi maupun daerah yang ingin berpromosi pada event ini.

Sejalan dengan hal itu, Manakarra Fair masuk sebagai salah satu dari 110 agenda Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Adyatama Kepariwisataan Dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama, Kemenparekraf RI Nia Niscaya mengatakan narasi Manakarra Fair 2024 ke depan perlu ditambahkan, sehingga event ini lebih kuat.

"Event ini melibatkan para komunitas lokal Mamuju. Strategi promosi pun perlu lebih diperkuat, sebab ini salah satu cara agar Mamuju lebih dikenal," tuturnya.

Pada hari pertama, Manakarra Fair 2024 menampilkan tarian Towainena Mandar, tarian Madukian, sendratari Ma’Bundu, dan Manakarra Choir.

Pada hari kedua, Pagelaran Musik Keroncong “Harmoni Pasca Pemilu” hasil kolaborasi dengan RRI, jugs memeriahkan Manakarra Fair 2024 ini, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran dan diskusi film lokal serta penampilan musik.

Di hari terakhir Manakarra Fair 2024 yang bertepatan dengan hari jadi Mamuju menampilkan Sendratari Massossor Manurung, penampilan musik The Finders dan Foonfi, serta Manakarra Music Community. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler