Mandalika Mengubah Wajah Indonesia, Aksi Mbak Rara pun Mendunia

Senin, 21 Maret 2022 – 10:38 WIB
Aksi pawang hujan bernama Rara Isti Wulandari mendadak viral. Foto: Tangkapan layar/ Youtube MotoGP

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakan keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dilengkapi Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit telah mengubah wajah Indonesia di mata dunia.

Pernyataan itu disampaikan Zulkieflimansyah saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana menonton MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah pada Minggu (20/3).

BACA JUGA: 6 Fakta Mbak Rara, Si Pawang Hujan MotoGP Mandalika yang Bikin Heboh

"Mandalika mengubah wajah Indonesia," ujar Gubernur dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Gubernur yang beken disapa dengan panggilan Bang Zul itu mengeklaim bahwa Presiden Jokowi, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo juga mengaku bangga pada Mandalika.

BACA JUGA: Daerah Ini Minta Pusat Merekrut CPNS, karena Honorer & PPPK Membebani APBD

"Semua senang dan bangga pada Mandalika," ujarnya.

Walakin, dia berharap Mandalika tidak hanya terkenal memiliki salah satu sirkuit terindah di dunia untuk berbagai ajang otomotif internasional, tetapi keindahan alamnya harus dapat menawan hati setiap wisatawan yang berkunjung.

BACA JUGA: Heboh Pernikahan Beda Agama, Chandra Ingatkan Fatwa MUI

Hal itu disebut Bang Zul juga merupakan harapan Presiden Jokowi. "Sehingga destinasi terindah itu betul-betul menjadi nyata di Lombok, NTB," ucap Zulkieflimansyah.

Bang Zul menerangkan Mandalika juga merupakan sebuah kawasan pariwisata dengan segala eksotisme alam yang memikat.

Berbahagia event otomotif internasional yang digelar di Mandalika, seperti WSBK, Asian Talent Cup, MotoGP, dan lainnya juga menjadi ajang promosi potensi daerah itu.

Dampak positifnya menurut dia sudah terlihat nyata, seperti penerbangan menjadi ramai, restoran dan hotel penuh, dan sektor ekonomi lainnya juga bergerak.

"Bisa dibayangkan apalagi nanti ketika penerbangan langsung ke Lombok sudah dibuka akan lebih banyak yang berkunjung," ujar Bang Zul.

Aksi Mbak Rara mendunia

BACA JUGA: Utusan Istana Ini Mengapresiasi Bobby Nasution, Daerah Lain Bisa Mencontoh

Pelaksanaan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3) kemarin ikut melambungkan nama Rara Istiati Wulandari alias Mbak Rara.

Aksi wanita yang dikenal sebagai pawang hujan itu di depan paddock tim MotoGP di Sirkuit Mandalika membuat dirinya dikenal dunia.

Perempuan asal Yogyakarta itu membawa mangkok berwarna emas sambil melakukan gerakan-gerakan khusus di area sirkuit yang tengah diguyur hujan.

Seluruh penonton termasuk kru tim dan pembalap MotoGP dibuat terheran oleh aksinya.

Ternyata, pemilik nama lengkap Raden Roro Istiati Wulandari itu dimintai bantuan secara khusus dalam event dunia itu.

"Saya direkomendasikan Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) untuk membantu penyelenggaraan MotoGP Mandalika," kata Rara.

Aksi Mbak Rara di sesi race day MotoGP Mandalika pun membuatnya langsung dikenal dunia.

Akun ofisial MotoGP di Twitter sampai membuat pengakuan atas kerja Mbak Rara saat hujan mendera Sirkuit Mandalika jelang start seri kedua MotoGP 2022. (ant/rdo/fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler