Manfaat Berjalan Singkat Bagi Kaki Anda

Selasa, 20 Oktober 2015 – 09:53 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Yahoo Health

jpnn.com - Jika Anda harus duduk hampir sepanjang hari saat Anda bekerja maka tidak ada salahnya jika Anda coba berjalan singkat setelah itu.

Mengapa? Para peneliti melaporkan bahwa 10 menit berjalan kaki bisa mengembalikan aliran darah ke kaki akibat terlalu lama duduk.

BACA JUGA: Tips Praktis Membantu Korban Saat Situasi Darurat

“Meskipun ukuran sampel kami adalah kecil namun efek dan hasil yang kami temukan bisa dipertanggungjawabkan," kata penulis studi, Robert Restaino, seperti dilansir laman Health, Senin (19/10).

“Yang jelas duduk terlalu lama dan tidak aktif menyebabkan disfungsi mikrovaskuler,” kata Dr. William Gray, direktur layanan endovascular di New York Presbyterian Hospital, Columbia University Medical Center, New York City.

BACA JUGA: Teh Ini Memiliki 10 Kali Lebih Banyak Antioksidan Daripada Teh Hijau

Gray mencatat bahwa duduk untuk waktu yang lama sebelumnya telah dikaitkan dengan penyakit jantung.

Restaino dan rekan-rekannya meneliti 11 orang yang telah duduk selama enam jam. Para peneliti mengukur aliran darah laki-laki dan detak jantung lainnya baik sebelum sesi duduk dan sesudahnya.

BACA JUGA: Sering Berhubungan Seks Atasi Penyakit Mematikan pada Wanita, Ini Penjelasannya

Untuk menjaga makanan dari memengaruhi hasil, semua orang makan sarapan sama yakni quesadilla dengan jus nanas dua jam sebelum penelitian dimulai.

Para peserta studi tidak boleh menggerakkan kaki mereka sewaktu mereka duduk dan mereka duduk dimana kaki mereka tergantung di atas lantai. Mereka diizinkan untuk membaca atau menggunakan komputer.

Setelah waktu enam jam duduk berakhir dan proses pemeriksaan aliran darah dan pengukuran lainnya diselesaikan, mereka yang diteliti diminta untuk berjalan 10 menit.

Para peneliti menemukan bahwa duduk adalah buruk. Duduk terlalu lama mengurangi aliran darah di arteri dua kaki utama dan betis pria membengkak hampir satu inci.

Setelah berjalan-jalan selama 10 menit peneliti menemukan bahwa aliran darah mereka kembali normal.

“Kita tahu bahwa ketika aliran tidak berfungsi secara normal maka hal itu bisa mengakibatkan resiko penyakit kardiovaskular,” kata Gray.

Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Experimental Physiology.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wahai Perempuan Jangan Sering Pakai Celana Ketat, Bisa Tumbuh Jamur di Bibir Miss V


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler