Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan

Jumat, 27 Mei 2016 – 02:15 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Care2

jpnn.com - Biji rami merupakan salah satu jenis makanan super karena kaya akan kandungan mineral dan vitamin esensial serta protein dan lemak. Biji rami memiliki kombinasi sempurna dari nutrisi yang tentu saja sangat baik bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat rami untuk kesehatan Anda, seperti dilansir laman Care2, Rabu (25/5).

BACA JUGA: Tinggal di Lingkungan Hijau Membantu Hidup Lebih Lama

1. Biji rami untuk mengobati penyakit jantung

Penyakit jantung terjadi ketika pembuluh darah tersumbat atau menyempit. Hasilnya bisa serangan jantung, stroke atau angina.

BACA JUGA: Rambut Rontok Anda Dimulai dari Sini

American Heart Association mengatakan bahwa banyak kasus penyakit jantung disebabkan oleh penumpukan plak di arteri.

Alasan bahwa biji rami bisa mengobati penyakit jantung adalah karena mengandung jenis asam lemak yang disebut asam alfa-linolenat (ALA).

BACA JUGA: Ladies, Yakinlah Tak Selamanya Dikhianati itu Menyedihkan

Universitas Maryland Medical Center (UMM) menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya ALA jarang terkena serangan jantung. Ada banyak cara biji rami bisa membantu untuk penyakit jantung, seperti dengan mengurangi hipertensi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membuat trombosit kurang lengket.

2. Biji rami untuk depresi dan kecemasan

Rendahnya tingkat asam lemak Omega 3 bisa menyebabkan depresi dan suplemen Omega 3 bisa meningkatkan mood, depresi dan kecemasan. Dan coba tebak makanan apa yang merupakan sumber yang baik dari Omega 3? Ya, biji rami!

Manfaat kesehatan mental rami tidak berhenti di situ saja. Biji rami juga kaya vitamin B6.

Tubuh Anda membutuhkan B6 untuk membuat serotonin yang pada gilirannya digunakan untuk mengatur suasana hati. Beberapa penelitian percaya bahwa rendahnya tingkat B6 mungkin menyebabkan depresi. Biji rami merupakan sumber yang baik dari B6.

3. Biji rami untuk jenis diabetes tipe 2

Diabetes tipe-2 adalah gangguan di mana orang mengalami kesulitan metabolisme glukosa. Biasanya, tubuh memproduksi insulin untuk membantu glukosa dari makanan menjadi energi.

Orang dengan diabetes tipe-2 mampu menghasilkan insulin namun tubuh mereka tidak mampu menggunakan insulin secara efektif. Untuk mencegah lonjakan berbahaya gula darah, orang-orang dengan diabetes harus sangat berhati-hati tentang berapa banyak gula yang mereka konsumsi.

Salah satu solusi untuk menjaga kadar gula darah tetap normal mungkin ada di biji rami.
Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumis biji rami tanah setiap hari selama satu bulan memiliki efek positif pada kadar gula darah pada penderita diabetes dan bahkan mengurangi resistensi insulin.

Biji rami juga kaya serat yang membantu memperlambat pencernaan dan bisa meningkatkan diabetes tipe-2.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Buah ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Anda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler