Manfaat Ciuman, Dari Meningkatkan Kekebalan Hingga Kesehatan Jantung

Selasa, 05 Mei 2015 – 09:39 WIB
healthme up

jpnn.com - LONDON- Ciuman merupakan salah satu cara pengungkapan perasaan kasih sayang. Namun, ciuman bibir yang dilakukan dengan menggelora ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat berciuman, seperti dilansir laman Health Me Up.

BACA JUGA: Pria yang Merokok Lebih Besar Diserang Masalah Tulang

1. Menjaga gigi tetap putih

"Berciuman membantu memecah plak mulut dan mencegah gigi berlubang dengan penciptaan air liur yang membantu untuk melawan bakteri. Air liur yang dibuat saat berciuman mencuci mulut Anda," kata dokter gigi, Dr. Stephen D'souza, seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (4/5).

BACA JUGA: Ingin Tidur Pulas? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

2. Meningkatkan kekebalan

Sebuah studi yang dilaporkan dalam jurnal Medical Hypotheses menyebutkan, berciuman bisa meningkatkan imunitas wanita dari Cytomegalovirus. Cytomegalovirus bisa menular melalui kontak mulut dan menyebabkan kebutaan pada bayi. Bayi bahkan bisa cacat lahir lain jika sang ibu adalah pembawa virus selama kehamilan. Virus ini hanya berbahaya jika wanita hamil.

BACA JUGA: Ini Alasan Pria Harus Jaga Kebersihan Rambut Kemaluannya

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Adrenalin, bahan kimia atau hormon yang dilepaskan dari tubuh Anda ketika mencium pasangan membantu untuk mempromosikan kesehatan jantung. Hormon ini akan memompa jantung Anda lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Hal itu bisa  membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

4. Menjaga otot wajah tetap kencang

Sebuah ciuman penuh gairah melibatkan pergerakan 34 otot wajah dan 112 otot postural di seluruh tubuh. Hal itu membantu menjaga otot-otot Anda tetap kencang. Berciuman juga akan meningkatkan sirkulasi darah wajah Anda. (fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketan Bubuk Kudusan, Menu Warisan Era 70-an yang Tetap Diburu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler