Manfaat Kesehatan dari Biji Pala yang Jarang Diketahui

Rabu, 18 September 2019 – 22:33 WIB
Biji pala. Foto: thesourcebulkfoods

jpnn.com, JAKARTA - Pala adalah salah satu rempah-rempah yang banyak dihasilkan di Indonesia dan diekspor ke banyak negara di seluruh dunia. Biji yang sangat keras ini biasanya dihancurkan atau dibuat bubuk untuk penyedap makanan.

Namun, tahukah Anda kalau buah atau biji pala ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Bahkan, sudah banyak penelitian yang mendukung manfaat itu. Buah pala ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh meski tidak semua orang menyadarinya.

BACA JUGA: Kaya akan Magnesium, Raih 3 Khasiat Teh Biji Pala untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dari pala yang sudah memiliki dukungan penelitian ilmiah, seperti dilansir laman Stylecraze, Senin (16/9).

1. Membantu mencegah kanker

BACA JUGA: Pala Organik Ambon Meluncur ke Uni Eropa dan Timur Tengah

Minyak atsiri pala bisa bertindak sebagai antioksidan dan mencegah kanker dalam prosesnya. Minyak atsiri pala menghentikan pembentukan pembuluh darah tertentu yang memberi makan tumor. Studi lain juga menunjukkan bagaimana minyak itu bisa mencegah kanker usus besar.

Studi lain menunjukkan bagaimana campuran rempah-rempah yang mengandung pala berpotensi memerangi kanker. Termasuk pala dalam makanan sehari-hari Anda bisa memiliki efek terapi terhadap kanker.

BACA JUGA: Bea Cukai Ternate Ekspor Perdana Komoditas Fully Pala

2. Membantu pengobatan diabetes

Pala adalah salah satu sumber triterpen yang kaya, senyawa yang memiliki sifat antidiabetes. Studi menunjukkan bagaimana minyak atsiri pala bisa meringankan gejala yang berhubungan dengan penyakit kronis, diabetes menjadi salah satunya.

3. Meredakan nyeri artritis

Pala telah terbukti meredakan nyeri inflamasi kronis, yang merupakan karakteristik utama artritis. Sifat anti-inflamasi pala bisa mengurangi nyeri sendi dan peradangan yang terkait dengan arthritis.

4. Mengobati insomnia

Dalam dosis yang lebih kecil, pala bisa memiliki efek menenangkan yang bisa menyebabkan Anda mudah tidur dan mengobati insomnia. Bumbu ini juga digunakan dalam pengobatan kuno sebagai cara untuk menghilangkan stres dan menenangkan pikiran seseorang. Menambahkan sejumput pala ke segelas susu hangat sebelum tidur bisa membantu tidur yang lebih baik. 

5. Meningkatkan pencernaan

Minyak esensial dalam pala memiliki efek karminatif - artinya mereka membantu mengurangi perut kembung. Masalah seperti diare, sembelit, gas, dan bahkan kembung bisa diatasi dengan mengonsumsi pala. Pala juga mempromosikan sekresi enzim pencernaan yang membantu pencernaan jauh lebih baik. Pala juga mengandung serat, yang bisa membantu pergerakan usus.

6. Meringankan rasa sakit

Pala sering digunakan untuk mengobati kejang dan nyeri. Bahkan, ekstrak pala diterapkan untuk menghilangkan rasa sakit - terutama di otot dan sendi. Pala juga mengandung metanol yang memiliki sifat menghilangkan rasa sakit. Itulah sebabnya memasukkan rempah-rempah ini ke dalam makanan Anda bisa mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka, cedera, dan ketegangan.

Ada minyak atsiri lainnya dalam pala seperti elemicin, eugenol, dan safrole - yang semuanya memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan peradangan.

7. Meningkatkan kesehatan gigi

Pala adalah pembangkit tenaga listrik dari sifat-sifat antibakteri, dan itulah yang berkontribusi terhadap kesehatan mulut. Bumbu ini dikenal mampu mengobati masalah gigi seperti gigi berlubang, sakit gigi, dan bahkan kerusakan gigi pada beberapa kasus. Sifat antibakteri pala juga bisa menghilangkan bau mulut.

8. Membantu penurunan berat badan

Satu-satunya cara yang diketahui bahwa pala bisa membantu penurunan berat badan adalah melalui sifat soporific (menginduksi tidur).

9. Mengobati kecemasan

Pala mengandung trimyristin, yang, menurut penelitian, terbukti menyebabkan respons ansiogenik (mengurangi kecemasan). Pala juga berfungsi sebagai antidepresan dan bisa membantu dalam mengobati depresi. Rempah-rempah pada dasarnya adalah tonik otak yang merangsang otak Anda. Bahkan membantu menghilangkan kelelahan mental dan stres dan meningkatkan aktivitas mental. Semua ini bisa dikaitkan dengan kemampuan pala untuk memicu neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang memengaruhi suasana hati Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler