Manfaat Operasi Penurunan Berat Badan

Selasa, 10 Mei 2016 – 17:31 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - OPERASI penurunan berat badan tampaknya bisa membantu meringankan nyeri sendi dan meningkatkan mobilitas keseharian Anda, dalam jangka panjang.

"Studi sebelumnya telah melaporkan peningkatan rasa sakit dan fungsi setelah operasi penurunan berat badan," kata penulis studi, Wendy King, seperti dilansir laman Health, Senin (9/5).

BACA JUGA: Apakah Kuku Anda Mengalami Perubahan Seperti Ini? Waspadalah

Namun, sebagian besar penelitian itu hanya mengikuti objek yang diteliti selama satu tahun, setelah prosedur operasi penurunan berat badan mereka lakukan.

"Kami menemukan melalui tiga tahun masa tindak lanjut, tergantung pada ukuran, 50-75 persen orang dewasa dengan obesitas berat yang menjalani bariatric (operasi penurunan berat badan), mengalami perbaikan klinis yang signifikan dalam rasa sakit, fungsi fisik dan berjalan," jelas King.

BACA JUGA: Soal #ibuibuHOT, Ini Kata Penyiar Cantik

Temuan itu, sambung King memperkuat temuan studi jangka pendek lainnya. Di mana, Raja dan timnya mengevaluasi lebih dari 2.200 pria dan wanita, yang menjalani operasi penurunan berat badan di salah satu dari sepuluh rumah sakit di seluruh Amerika Serikat.

Usia rata-rata pasien adalah 47 tahun dan indeks massa tubuh rata-rata mereka (BMI) lebih dari 45, yang dianggap sangat gemuk. Kebanyakan memiliki operasi yang dikenal sebagai bypass lambung, yang mengurangi ukuran perut.

BACA JUGA: Ini Bahayanya, Bila Terlalu Sering Mengonsumsi Fast Food

Pada awal penelitian, 44 persen tidak bisa berjalan seperempat mil dalam tujuh menit, ukuran yang umum digunakan untuk menilai mobilitas. Setelah tiga tahun, hanya 26 persen yang tidak bisa berjalan seperempat mil dalam tujuh menit.

Dan sekitar tiga-perempat dari mereka dengan nyeri pinggul parah atau nyeri lutut memiliki perbaikan dalam gejala osteoarthritis pada tahun ketiga.

Peningkatan lebih terlihat pada pria, mereka yang lebih muda, mereka yang memiliki pendapatan yang lebih tinggi dan mereka yang memiliki BMI yang lebih rendah.

"Kelebihan berat badan menyebabkan kerusakan sendi dan menyebabkan rasa sakit yang mengarah ke pembatasan dalam kegiatan," tutur King.

Sementara, operasi penurunan berat badan telah menunjukkan manfaat kesehatan yang signifikan dan dianggap aman. Hanya saja prosedur ini bukan tanpa risiko dan waktu pemulihan bisa berangsur panjang.

Beberapa risiko, termasuk pendarahan yang berlebihan, infeksi dan perforasi lambung. Jadi lebih baik Anda menjaga berat badan dibanding melakukan operasi. (fny/chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Oh No, ini yang Terjadi pada Otak Penderita Insomnia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler