Manfaat SEO yang Belum Banyak Dipahami Masyarakat, Pengusaha Wajib Tahu!

Senin, 06 Februari 2023 – 18:45 WIB
Fungsi dari Search Engine Optimization atau SEO ini cukup luas. Terlebih jika menerapkan strategi pendukung seperti backlink. Foto: unsplash

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat banyak pengusaha berusaha meningkatkan penjualan lewat digitalisasi.

Persaingan bisnis via online pun terus meningkat, banyak pelaku bisnis yang berusaha keras untuk memastikan situs mereka menembus peringkat pertama hasil mesin pencarian.

BACA JUGA: SEOCon Forum 2022 Akan Digelar, Dukung Pelaku Bisnis Tingkatkan Pemasaran

Salah satu stragi yang digunakan adalah mengambil jalan dengan menerapkan strategi SEO.

Fungsi dari Search Engine Optimization atau SEO ini cukup luas. Terlebih jika menerapkan strategi pendukung seperti Backlink.

BACA JUGA: Pengusaha Dukung Langkah Buwas Berantas Mafia Beras

Backlink adalah aturan dalam konten yang merujuk pada halaman situs lain, demi mendorong meningkatkan reputasi situs dan konten di dalamnya. Banyak penyedia jasa backlink yang kemudian muncul untuk memberikan layanan ini.

Teknik SEO cukup efektif dalam mendorong kualitas dan kuantitas kunjungan pada situs. Selain meningkatkan kunjungan, juga dapat mewujudkan visi misi sebuah situs, misalnya untuk keperluan bisnis.

BACA JUGA: Pengusaha Sambut Baik Hilirisasi Industri Berorientasi Ekonomi Hijau

Manfaat SEO untuk Bisnis

Ada banyak cara untuk mempromosikan situs bisnis lewat media lain, misalnya pada media sosial.

Namun, pengusaha harus paham bahwa sebagian besar kunjungan situs berasal dari hasil pencarian di Google. Pada dasarnya, SEO punya manfaat untuk memungkinkan target pasar untuk menemukan situs secara mudah.

Sebab, teknik ini menjadikan situs kemungkinan muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Target pasar pun jelas. Pada teknik ini, pengusaha bisa menggunakan kata kunci sesuai tujuan audiens dalam menuliskan kata kunci di kolom pencarian. Alhasil, konten akan muncul untuk mereka.

Yang tidak kalah penting, adalah terciptanya brand awareness sehingga merek atau produk makin populer.

Oleh karena itu, SEO bisa disebut sebagai investasi jangka panjang dalam meraih kesuksesan bisnis. Alasannya, pencarian yang relevan akan berpengaruh terhadap keputusan calon konsumen. Alhasil, posisi sebuah situs akan mampu bertahan lebih lama.

Setiap pelaku bisnisnya tentunya menginginkan adanya konversi dan peningkatan angka penjualan. Maka perlu strategi SEO yang tepat agar mampu menjangkau target pasar lebih luas.

Cara Kerja SEO yang Perlu Dipahami

Pengusaha perlu memahami cara kerja SEO yang benar demi mewujudkan target konversi penjualan produk. Memperoleh peringkat yang baik adalah output agar makin banyak konsumen menemukan situs.

Berikut metode yang tepat untuk mendapatkan kinerja SEO yang tepat.

Periode bulan pertama, lakukan riset, audit situs, dan menemukan kata kunci yang relevan. Kemudian, bisa menyusun rencana matang. Jika berhasil melakukan riset, saatnya melakukan perubahan dari periode pertama.

Periode bulan berikutnya, saatnya memulai pekerjaan teknik. Modifikasi situs berdasarkan hasil audit. Proses ini bisa saja memakan waktu yang cukup lama. Bahkan hingga beberapa bulan. Hasil kerjanya belum tentu segera terlihat meski sudah menerapkan SEO sekalipun.

Kemudian, pada periode bulan berikutnya, fokus pada penulisan konten dan publikasi. Cantumkan informasi penting mengenai produk dan alat pendukungnya. Setelah itu, lihat progres ringkat situs di akhir bulan. Lalu, bisa melanjutkan untuk menyusun konten berikutnya.

Kebutuhan konten website, Anda dapat memercayakan kepada jasa artikel SEO dari Saungwriter.com

Periode bulan berikutnya, optimalkan teknis situs dan mengembangkan profil tautan. Umumnya, progres kunjungan dan prospeknya akan mulai terlihat. Tambahkan strategi dengan menggunakan media sosial.

Kemudian, periode bulan berikutnya adalah Anda sudah memperoleh sekitar 5.000 pengunjung. Genjot angka lalu lintasnya, sehingga akan menciptakan prospek transaksi. Fokus lainnya adalah menciptakan konten dan mempromosikannya.

Itulah beberapa bukti bahwa SEO bisa jadi long term investment, dengan menggunakan SEO.

Selain mendorong kunjungan dan konversi, juga bisa memperoleh data konsumen. Data ini akan memudahkan saat ingin melakukan promosi produk. Kemudian, menciptakan kepercayaan calon konsumen.(jpnn)

 


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler