Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

Selasa, 20 Maret 2018 – 04:31 WIB
Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

jpnn.com - Wanita selalu berusaha untuk membuat penampilannya lebih baik dari hari ke hari. Di antara berbagai jenis perawatan kecantikan, ada satu yang menarik, yakni totok wajah. Metode perawatan kecantikan ini dilakukan dengan terapi pemijatan pada daerah wajah dan menggunakan teknik-teknik khusus.

Kerusakan wajah akibat stres dan polusi merupakan masalah bagi para wanita, terutama yang berada di daerah perkotaan. Namun, kini ada totok wajah, yang merupakan terapi perpaduan dua metode, yaitu acupressure (pijit/tekan) dan bio energy atau tenaga dalam yang langsung disalurkan ke wajah, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan.

BACA JUGA: 3 Langkah Mudah Hindari Munculnya Kerutan pada Wajah

Sebagian besar orang menganggap perawatan kecantikan ini sebanding dengan facelift, namun tanpa risiko dan biaya besar, serta bedah pisau. Praktisi totok wajah menggunakan jemari mereka untuk merangsang titik tekanan di seluruh wajah.

Proses totok wajah.

BACA JUGA: 5 Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan Kulit

Perawatan kecantikan dengan totok wajah membutuhkan keterampilan tertentu dan harus dilakukan oleh ahlinya. Berikut ini merupakan tahapan totok wajah:

• Setelah wajah dibersihkan dengan lembut, terapi dimulai dengan beberapa pijat ringan di tubuh untuk mengendurkan otot. Terapis harus memastikan Anda merasa nyaman dengan tingkat tekanan yang diberikan. Pijatan tersebut fokus pada daerah wajah, leher dan punggung bagian atas.

BACA JUGA: Ketahui 6 Manfaat Akupunktur untuk Kulit Wajah

Pijatan tubuh ini akan membuat tubuh relaks dan melancarkan peredaran darah sebelum masuk ke bagian inti, yaitu wajah.

• Langkah berikutnya melibatkan totok dan memijat wajah. Dengan lebih dari 360 titik yang distimulasi, cara ini dianggap sebagai fase pengobatan yang paling intens. Sama seperti saat dipijat, terapis akan membagi daerah wajah menjadi kanan dan kiri.

Bersamaan dengan fase ini, biasanya terapis akan memberikan krim nutrisi. Sebagian besar titik tekanan yang dirangsang selama totok wajah terletak di area sekitar alis dan mata, serta sepanjang sisi dahi, tulang pipi dan dagu. Langkah terakhir adalah aplikasi masker untuk meningkatkan kesegaran kulit.

• Langkah terakhir yang merupakan inti dari perawatan kecantikan ini adalah dengan melakukan pemijatan pada beberapa area wajah seperti area garis senyum, pelipis, alis bagian atas, dan daerah pangkal hidung.

Manfaat totok wajah.

Tujuan dari totok wajah ini adalah untuk mengaktifkan titik-titik aura pada wajah, sehingga wajah akan terlihat lebih cerah, kencang, serta awet muda. Selain itu, terapi kecantikan totok wajah ini juga memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah keriput.

Stres yang dialami sehari-hari sering kali mengakibatkan ketegangan pada otot yang menimbulkan garis-garis keriput pada dahi, alis dan sepanjang garis bibir. Kondisi ini merupakan tanda penuaan dini.

Pijatan lembut pada wajah secara rutin bisa membantu mengendurkan otot serta mengurangi kerut wajah. Totok wajah biasa dikombinasikan dengan penggunaan pelembap yang juga dapat mengatasi kulit kering serta flek hitam pada wajah.

2. Mengurangi ketegangan otot wajah.

Ketika otot wajah tegang, maka memicu timbulnya keriput. Stres yang menumpuk pun bisa menyebabkan beberapa masalah pada wajah, seperti pengetatan alis dan rahang. Terapi totok wajah dapat menguranginya serta memberikan efek penampilan yang lebih santai.

Efek relaksasi ini juga akan menyebar ke seluruh tubuh. Lamanya terapi ini tergantung pada jenis kulit yang Anda miliki.

3. Meremajakan kulit

Metode totok wajah tergantung pada kondisi kulit, usia, serta tujuan dari perawatan kulit. Perawatan kecantikan ini dapat merangsang aliran darah, sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih segar dan bersinar, sehingga Anda akan terlihat lebih muda.

4. Kulit wajah yang lebih bercahaya.

Totok wajah bermanfaat untuk menstimulasi otot-otot wajah dengan membawa oksigen ke area yang berisiko terkena penuaan dini. Kelancaran aliran darah ini akan membantu wajah Anda meningkatkan produksi kolagen, sehingga memberikan efek kulit bercahaya yang sehat dan alami.

5. Membantu penyerapan make-up.

Teknik pemijatan pada wajah dapat merangsang sirkulasi darah, sehingga membantu membuang kotoran, serta racun. Selain itu, totok wajah juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit pun lebih cerah dan tampak lebih muda.

Peningkatan sirkulasi darah pada totok wajah juga bisa membantu mengurangi bengkak dan mengecilkan pori-pori, sehingga kulit tampak lebih halus dan lembap. Kondisi ini membantu produk kosmetik yang Anda gunakan terserap lebih mudah ke dalam kulit. Riasan Anda pun bisa bertahan lebih lama.

Mengenai perawatan ini, dr. Citra Roseno dari Klikdokter menjelaskan bahwa Anda perlu melihat kondisi kulit wajah saat akan melakukan totok wajah. Karena pemijatan pada kulit wajah hanya boleh dilakukan pada kulit wajah yang tidak berjerawat.

“Pemijatan pada wajah tujuannya adalah untuk melancarkan peredaran darah di bawah kulit, menjaga elastisitas kulit, serta memberikan efek relaksasi. Namun, pemijatan pada wajah berjerawat dapat memperburuk peradangan jerawat tersebut,” terangnya.

Kini Anda telah mengetahui manfaat dari totok wajah untuk kecantikan. Meskipun terlihat mudah dan cukup efektif membuat kulit wajah Anda lebih cantik, lakukanlah totok wajah hanya dengan ahli yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi jelas.(RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manfaat Mikrodermabrasi pada Wajah


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler