Manfaatkan Karung Pupuk Bekas, Pupuk Indonesia Grup Tampil di Jember Fashion Carnaval 2024

Minggu, 04 Agustus 2024 – 11:24 WIB
PT Pupuk Indonesia bersama dengan Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia (PIKA-PI) meramaikan Jember Fashion Carnaval (JFC) 2024 dengan menampilkan 22 artwear berbahan kantong pupuk di Jember, Jawa Timur, Sabtu (3/8). Foto dok Pupuk Indonesia

jpnn.com, JEMBER - PT Pupuk Indonesia bersama dengan Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia (PIKA-PI) meramaikan Jember Fashion Carnaval (JFC) 2024 dengan menampilkan 22 artwear berbahan kantong pupuk di Jember, Jawa Timur, Sabtu (3/8).

Pagelaran ini menjadi upaya perseroan mengenalkan karya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pupuk Indonesia Grup di kancah nasional maupun internasional.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia: Carbon Capture Storage Bisa Jadi Mesin Pertumbuhan Bagi Perusahaan

Ketua PIKA-PI Group, Tata Rahmad Pribadi menuturkan pihaknya mendorong UMKM binaan, khususnya yang bergerak di bidang wastra (kain tradisional yang sarat akan makna budaya nusantara) untuk naik kasta dan go internasional.

Salah satu upayanya dengan aktif mengikuti event-event level internasional, seperti JFC yang sudah berlangsung selama lebih dari dua dekade ini.

BACA JUGA: 4 Tahun Perkokoh Budaya AKHLAK, TASPEN Gelar Culture Festival

“Kami melihat produk UMKM binaan Pupuk Indonesia bagus-bagus, dan berpotensi untuk tampil di ajang nasional maupun internasional. Keikutsertaan di JFC 2024 merupakan upaya kami bersama untuk mendorong UMKM perluasan pasar mereka,” ujar Tata.

Dia menambahkan, seluruh artwear yang dipamerkan nanti 30 persen bahannya menggunakan karung pupuk dari produk-produk Pupuk Indonesia Grup.

BACA JUGA: Dukung Regenerasi Lifter, Pupuk Indonesia Grup Gelar Kejurnas Angkat Besi di Bandung

Adapun, seluruh artwear bekerja sama dengan dua desainer terkemuka yakni Temma Prasetio dan Maya Ratih.

Keiikutsertaan Pupuk Indonesia menampilkan 22 artwear di Jember Fashion Carnaval menjadi upaya perusahaan menuju perhelatan yang lebih bergengsi, yakni Jakarta Fashion Week (JFW) 2025. Sebelumnya Pupuk Indonesia juga memperkenalkan produk UMKM binaan melalui Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga melakukan pembinaan UMKM sehingga meningkat kompetensinya dan dapat menghasilkan produk yang bersaing di tingkat nasional maupun global.

Pembinaan juga dilakukan dengan mengikutsertakan pelaku UMKM tersebut di sejumlah pameran, khususnya yang berskala dunia.

"Kemitraan antara Pupuk Indonesia dengan UMKM ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem yang berkelanjutan serta meningkatkan perekonomian serta kemandirian para pelaku UMKM khususnya perempuan. Kami percaya setiap karya yang dihasilkan oleh UMKM memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif. Karya-karya yang ditampilkan ini mencerminkan keberagaman budaya, tradisi, dan kreativitas yang melebur menjadi koleksi luar biasa dari para desainer dan pengrajin UMKM di Indonesia,” terang Tata.

Selain peserta dari dalam negeri, dalam JFC 2024 turut hadir 136 peserta dari Jepang yang berpartisipasi secara sukarela.

Selain itu, mereka juga ingin belajar soal budaya hingga kuliner Jember untuk dibawa ke Jepang.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kinerja Semester I 2024 Moncer, SIG Fokus Ciptakan Peluang Pertumbuhan dari Semen Hijau & Solusi Berkelanjutan


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler