Mantan Perokok? Makan Ini Untuk Perbaiki Paru-paru

Senin, 29 Januari 2018 – 14:07 WIB
Rokok dan asbak. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - SELAMA bertahun-tahun, kita sudah tahu bahwa merokok itu buruk bagi kesehatan.

Sejak 1965 silam, lebih dari 40 persen orang dewasa yang pernah merokok telah berhenti merokok.

BACA JUGA: Operasi Plastik Bisa Membantu Berhenti Merokok?

Tapi ternyata, selain berhenti merokok, ada beberapa langkah lain yang bisa dilakukan perokok untuk membantu memperbaiki paru-paru mereka.

Karena itu mereka perlu mengonsumsi makanan seperti tomat dan apel.

BACA JUGA: Lebih Efektif Mana, Berhenti Merokok Tiba-tiba atau Bertahap

Menurut penelitian di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, nutrisi tertentu yang ditemukan pada tomat dan apel bisa membantu memulihkan kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh merokok.

Secara khusus, orang dewasa yang makan lebih dari dua tomat atau lebih dari tiga porsi buah segar per hari mengalami penurunan fungsi paru yang lebih lambat daripada mereka yang makan lebih sedikit buah.

BACA JUGA: Cerita Vina Panduwinata Berhenti Merokok

Sayangnya, tidak ada jalan pintas. Periset tidak melihat efek positif yang sama dari makanan olahan seperti saus tomat dan hanya melihat manfaat dari buah dan sayuran segar.

Dan manfaat makan tomat, khususnya, tidak terbatas pada mantan perokok saja.

Penelitian yang dipublikasikan di European Respiratory Journal menemukan bahwa bahkan orang dewasa yang tidak pernah merokok melihat penurunan fungsi paru mereka yang melambat ketika mereka mengonsumsi tomat dan apel.

Mengingat fungsi paru-paru mulai memburuk sekitar usia 30 tahun, ini adalah kabar baik bagi semua orang.

" Studi ini menunjukkan bahwa diet bisa membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada orang-orang yang telah berhenti merokok," kata asisten profesor di departemen kesehatan internasional Bloomberg School dan penulis utama studi tersebut, Dr. Vanessa Garcia-Larsen, seperti dilansir laman Sheknows.

"Hal ini juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya buah bisa memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda belum pernah merokok," sambung Garcia-Larsen.

Temuan ini mendukung kebutuhan akan rekomendasi diet, terutama bagi orang-orang yang berisiko terkena penyakit pernafasan seperti COPD.

Jadi lain kali Anda membuat salad, tambahkan beberapa tomat segar di atasnya atau beberapa apel yang diiris untuk menambahkan rasa ekstra dan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Kebiasaan ini Bikin Panjang Umur


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler