Mantap! FSM April Ciptakan Lapangan Kerja di Sektor Ekonomi Kreatif

Jumat, 22 April 2022 – 14:37 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengaku bangga dengan para sineas muda yang semangat berkarya di FSM April sekaligus menciptakan lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif melalui film pendek. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Family Sunday Movie (FSM) April 2022 telah melakukan tahapan seleksi dan kurasi.

Official Selection peringkat pertama untuk periode April berhasil diraih film berjudul 'Subuh (Miracle at Dawn)' karya sutradara Achmad Rezi Fahlevie, produksi Noise Films.

BACA JUGA: FSM April Dibuka! Sandiaga Uno ke Para Sineas Muda: Saya Tunggu Mahakarya Kalian...

Pemenang Family Sunday Movie (FSM) April 2022. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf. 

BACA JUGA: Family Sunday Movie 2022 Resmi Dibuka! Simak Jadwal dan Syarat Pendaftarannya

Kemudian peringkat kedua diraih film berjudul 'Jagat' karya sutradara Taufik Fathoni Indra Permana, produksi Kine Club UMS.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengaku bangga dengan para sineas muda yang semangat berkarya dan menciptakan lapangan kerja melalui film pendek.

BACA JUGA: Masih Ada 3 Hari, Sandiaga Ingatkan Para Sineas Daftar Karya Terbaik di FSM, Buruan!

“Salut kepada sineas muda yang selalu semangat berkarya, menciptakan lapangan kerja melalui produksi film, dan menjadi bagian dari proses pemulihan ekonomi nasional yang terus kami upayakan," ujar Sandiaga.

Pada periode April ini, dari 109 submisi, setidaknya 77 di antaranya adalah komunitas atau peserta baru.

Menurut Sandiaga, hal ini menunjukkan sineas muda memiliki semangat dan antusiasme yang cukup tinggi terhadap FSM.

Sejak dibuka Februari lalu, hingga kini sudah ratusan peserta dari berbagai daerah yang berpartisipasi dalam FSM.

Senada juga disampaikan Mohamad Ariansah, salah satu tim kurator FSM.

Ariansah mengatakan pada FSM periode April, sineas muda yang mendaftarkan karyanya kebanyakan wajah baru dan jumlah yang submit dari luar Jawa, seperti Sumatra dan Sulawesi semakin banyak.

"Bisa dibilang peta sebaran FSM semakin luas dan menghasilkan 'embrio-embrio' filmmaker baru. Selain itu, karya yang didaftarkan pun kebanyakan adalah karya baru yang diproduksi tahun 2022 ini," kata Ariansah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah menyiapkan berbagai apresiasi bagi kedua film terpilih di antaranya sertifikat, kit FSM, dan penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf sebagai bagian dari ekshibisi.

"Film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan dan berhak menjadi nominasi pada Annual Awards FSM yang diselenggarakan pada November mendatang bersama film-film terpilih lainnya," sebut Menparekraf Sandiaga.

Sandiaga optimistis film-film Official Selection ini bisa memicu sineas muda lainnya untuk menghasilkan karya yang luar biasa, semakin berkualitas, dan mengharumkan daerahnya.

“Kerahkan semua potensi yang kita punya, bangkitkan ekonomi kreatif dengan berkarya #DiIndonesiaAja," ujarnya bersemangat.

Sandiaga juga mengimbau kepada peserta yang belum terpilih agar jangan berhenti mencoba peluang di bulan Mei mendatang.

“Karena MAHAKARYA akan selalu menemukan jalannya,” pesannya kepada para sineas muda. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler