Mantap Nih! Ada Layanan Kesehatan & Pijat Relaksasi Gratis di Posko Mudik BPJS Kesehatan

Selasa, 26 April 2022 – 12:46 WIB
Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti (kiri) bersama Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat mengunjungi titik posko mudik di Terminal Pulogebang, Jakarta, Senin (26/4). Foto: Dokumentasi BPJS Kesehatan

jpnn.com, JAKARTA - BPJS Kesehatan menghadikan posko mudik di tujuh titik padat pemudik guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik Lebaran dengan aman dan nyaman.

Ketujuh titik tersebut, yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, rest area Tol Cikampek Km 57, rest area Tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, rest area Banjaratma Km 260B Brebes, dan rest area Cipali Km 164B Majalengka.

BACA JUGA: Gandeng BPJS Kesehatan, BTN Siap Salurkan KMK dan Kredit Investasi Senilai Rp 2 Triliun

Posko Mudik BPJS Kesehatan tersebut hadir mulai hari ini (26/4) hingga 1 Mei, serta tersedia pula selama arus balik mulai 4-8 Mei.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti menyampaikan di posko mudik tersebut pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan BPJS Kesehatan, seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bila diperlukan.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Atur Muatan Barang di Mobil untuk Perjalanan Mudik Lebaran

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

“Kami memprediksi antusiasme pemudik tahun ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi Covid-19," kata Ghufron saat mengunjungi titik posko mudik di Terminal Pulogebang, Jakarta, Senin (26/4).

BACA JUGA: Begini Harapan Pedagang di Rest Area Saat Mudik Lebaran 2022

Mantan Wakil Menteri Kesehatan itu memastikan Posko Mudik BPJS Kesehatan menghadirkan beragam layanan dengan tetap mengedepankan standar protokol kesehatan.

"Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya,” ungkapnya.

Selain itu, kata Ghufron, pihaknya juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif.

Mulai dari aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 08118165165.

“PANDAWA Terintegrasi ini sudah diimplementasikan sejak Februari 2022 dan siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas), sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini,” terang Ghufron.

Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam.

Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menyampaikan apresiasinya terhadap BPJS Kesehatan yang dinilainya telah berupaya mengakomodir kebutuhan pemudik dengan membuka posko mudik di Terminal Pulogebang dan titik padat pemudik lainnya.

“Pembukaan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulogebang ini sangat tepat waktunya untuk menyambut puncak mudik Lebaran yang diprediksi pemerintah akan berlangsung pada 28 April 2022 mendatang," kata Wali Kota Jaktim itu.

Dia berharap Posko Mudik BPJS Kesehatan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Minimal masyarakat mendapatkan informasi serta memahami hak yang diterima dan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai peserta JKN-KIS,” harap Muhammad Anwar. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler