Mantap! Pembangunan PSU Bikin Rumah Bersubsidi Kini Makin Diminati Masyarakat

Kamis, 12 Oktober 2023 – 09:28 WIB
Pembangunan PSU yang dilaksanakan Kementerian PUPR di daerah membuat masyarakat kini semakin berminat untuk membeli dan tinggal di perumahan bersubsidi. Foto: Dokumentasi Kementerian PUPR

jpnn.com, KAMPAR - Pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di daerah membuat masyarakat kini semakin berminat untuk membeli dan tinggal di perumahan bersubsidi.

Bantuan PSU, berupa jalan lingkungan yang baik dan berkualitas, selain mempermudah akses dan mobilitas masyarakat, juga mampu membuat mereka lebih nyaman tinggal di rumah bersubsidi.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Salurkan Bantuan PSU Rumah Bersubsidi di Sumsel

Desrima (34), warga perumahan bersubsidi Berkah Family Village di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau menyampaikan sebelum mendapatkan bantuan PSU dari pemerintah, jalan lingkungan di kompleks perumahannya hanya berupa tanah yang licin dan becek saat hujan dan berdebu saat musim panas.

Selain itu, jalanan yang berlubang dan hanya diuruk batu membuat masyarakat yang melintas harus berhati-hati saat berkendara.

BACA JUGA: Info dari Kementerian PUPR Soal Rencana Pembangunan Terowongan Bawah Laut IKN

“Kami sangat senang pemerintah membangun jalan lingkungan di perumahan bersubsidi ini. Sekarang jalanan depan rumah kami bagus dan kuat, karena dicor beton. Jadi lebih mudah saat keluar masuk komplek perumahan,” kata Desrima saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Rabu (11/10).

Senada juga disampaikan Direktur Utama PT Andika Berkah Abadi selaku pengembang perumahan Berkah Family Village, Irwan Faizal.

Menurut Irwan, setelah mendapatkan bantuan PSU, perumahan bersubsidi yang dibangun di Jalan Teropong, Dusun Empat Kasang Kulim, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar itu kini lebih baik dan banyak diminati masyarakat.

Saat ini, sebanyak 402 unit rumah bersubsidi di perumahan tersebut yang memiliki tipe 36 dengan luas lahan 9 x 12 meter sudah ludes terjual dan laku keras.
Sebagian besar masyarakat bahkan sudah mengantre untuk membeli rumah bersubsidi di Kabupaten Kampar, karena saat ini jalan lingkungannya sudah bagus berkat bantuan PSU.

Lebih lanjut Irwan juga akan mengajukan permohonan bantuan PSU untuk dua perumahan lainnya yang sedang dikerjakan pihaknya, yakni Griya Berkah Pelangi 2 di Desa Kualu, dan Andika Berkah Residence 4 di Desa Pandu di wilayah kabupaten yang sama.

“Kami sebagai pengembang perumahan bersubsidi di Kabupaten Kampar berterima kasih atas bantuan PSU dari Kementerian PUPR," ucapnya.

Irwa mengungkapkan proses pengajuan bantuan juga mudah dan transparan, serta pengerjaan di lapangan benar-benar bagus.

"Bahkan jalan lingkunganya dicor beton setebal 20 centimeter dan selalu dimonitoring pegawai dari Kementerian PUPR,” ujarnya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menegaskan pemerintah akan terus hadir dan membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar bisa tinggal di rumah yang layak huni.

Iwan berharap pembangunan PSU membuat rumah bersubsidi semakin berkualitas dan tidak kalah dengan rumah-rumah komersial lainnya.

“Adanya PSU ini membuat rumah bersubsidi menjadi lebih berkualitas dan menjadi pilihan masyarakat untuk dapat memiliki hunian layak," terang Iwan.

Dia juga berharap pengembang perumahan bisa membangun rumah bersubsidi yang baik.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III Direktorat Jenderal Perumahan Zubaidi didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau Oktavianus Siahaan menambahkan sesuai arahan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengembang perumahan untuk mendorong pembangunan PSU.

Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus, bantuan pembangunan PSU adalah bantuan pembangunan berupa penyediaan komponen prasarana, sarana, dan utilitas umum perumahan untuk meningkatkan perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kami telah melakukan betonisasi jalan lingkungan untuk 120 unit rumah di perumahan bersubsidi Berkah Family Village. PSU dibangun di enam ruas jalan dengan spesifikasi lebar 4 meter sepanjang 540 meter," terangnya.

Dia berharap pembangunan PSU ini dapat membuat masyarakat merasa nyaman tinggal di rumah bersubsidi. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler