Mantap! Pemprov Jatim Raih Penghargaan Outstanding Achievement dari KemenPAN-RB

Senin, 20 Juni 2022 – 17:42 WIB
Pemprov Jatim kembali menerima penghargaan Outstanding Achievement dari KemenPAN-RB. Foto: Humas Pemprov Jatim

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur meraih Penghargaan Terbaik Instansi Pemerintah Kategori Outstanding Achievement dalam Penganugerahan Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4.

Penghargaan ini diberikan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

BACA JUGA: Erick Layak Pimpin Indonesia, Kiai Jatim Dorong Parpol Segera Meminang

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Jatim Hudiyono menerima apresiasi itu di Jakarta, Kamis (16/6).

"Alhamdulillah, Penghargaan Outstanding Achievement atau Prestasi Luar Biasa ini diraih Pemprov Jatim setelah sebelumnya tiga kali berturut-turut meraih penghargaan sebagai kategori terbaik," ungkap Khofifah.

BACA JUGA: Khofifah Berharap Kickoff Meeting P20 Jadi Momentum Dorong Percepatan Jatim Bangkit

Penilaian dari KemenPAN-RB ini didasarkan pada layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara nasional.

Pengaduan dapat diakses melalui laman akses website www.lapor.go.id, SMS 1708, dan Aplikasi Android SP4N-Lapor!.

BACA JUGA: Simak, Begini Cara Khofifah Stabilkan Harga Cabai yang Melonjak di Jatim

Sebagai informasi, SP4N Lapor di Pemprov Jawa Timur dikelola Dinas Kominfo Jatim.

Mekanisme layanan aduan masyarakat melalui SP4N Lapor ini direspons dari semua aduan yg masuk ke beranda admin pusat dari Kemenpan RB.

Kemudian disposisi ke Admin Koordinator Pemprov Jatim. Dilanjutkan disposisi ke OPD yg menangani aduan tersebut dengan batas waktu maksimal 3 hari.

Selanjutnya, Gubernur Khofifah menjelaskan terdapat tiga indikator penilaian.

Di antaranya, institusional pengaduan dengan SDM pengelola yang berkompeten, fungsi koordinasi sinergi penanganan SP4N Lapor di Pemprov Jatim yang berjalan dengan sangat baik, serta kecepatan respons penanganan aduan masyarakat.

Khofifah juga menyampaikan rasa syukurnya bahwa Pemprov Jawa Timur menjadi yang terbaik dan menerima penghargaan Outstanding Achievement setelah melalui tahap seleksi pada akhir Mei lalu.

Penghargaan diberikan langsung oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa di Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta.

Gubernur Khofifah juga tidak lupa menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan keseriusan tim tindak lanjut pengaduan yang dikoordinasikan dinas kominfo.

"Setelah Pemprov Jatim menerima penghargaan Standar Pelayanan Minimum tertinggi dengan skor 99,36 pada Mei 2022 dari Kemendagri, sekarang menerima penghargaan dari KemenPAN-RB berupa outstanding achievment," ucap Khofifah. (adv/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler