Mantap! Transaksi UMKM FIFGROUP Naik 58,42 Persen di FIFestival Street Food 2024

Senin, 15 Juli 2024 – 20:24 WIB
FIFestival Street Food 2024 yang berlangsung di Assembly Point, Menara FIF, Jakarta Selatan pada 10-11 Juli sukses menarik perhatian masyarakat. Foto: Dokumentasi FIFGROUP

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - FIFestival Street Food 2024 sukses menarik perhatian masyarakat.

Dalam dua hari pelaksanaannya, FIFestival Street Food 2024 mencatat animo pengunjung yang tinggi dengan jumlah lebih dari seribu orang, meningkat sebesar 32,06 persen dibandingkan dengan gelaran pertamanya.

BACA JUGA: Puncak HUT ke-35, FIFGROUP Tingkatkan Pemahaman Keselamatan Berkendara Lewat Cara Asyik

Acara ini sukses menarik perhatian masyarakat yang antusias menikmati jajanan kuliner nusantara dari UMKM binaan FIFGROUP dengan total transaksi mencapai lebih dari Rp 119 juta atau meningkat sebesar 58,42 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai Rp75 juta.

Berlokasi di Assembly Point, Menara FIF, Jakarta Selatan, FIFestival Street Food 2024 yang diselenggarakan pada 10-11 Juli merupakan gelaran kedua FIFGROUP sebagai sarana bagi UMKM binaan untuk terhubung dengan pelanggan potensialnya.

BACA JUGA: Laba Bersih FIFGroup Capai Rp 30 Triliun di Kuartal III 2023, Meningkat 30,9 Persen

Hingga hari terkahir, jajanan kuliner nusantara yang ditawarkan oleh 15 UMKM binaan pilihan FIFGROUP laris manis diserbu pengunjung.

Direktur FIFGROUP Esther Sri Harjati menyampaikan apresiasinya atas antusiasme pengunjung yang tinggi.

BACA JUGA: Jadi Sponsor Platinum, FIFGROUP Tawarkan Berbagai Promo Spesial Selama di IMOS+ 2023

"Kami sangat bersyukur melihat animo pengunjung yang luar biasa di FIFestival ini. Hal ini membuktikan bahwa produk UMKM Binaan FIFGROUP memiliki daya tarik yang baik," ujar Esther dalam keterangannya, Senin (15/7).

Selain menikmati kuliner, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan seru dan edukatif yang telah disiapkan oleh panitia.

FIFestival dipenuhi oleh berbagai games interaktif dan tantangan menarik dengan hadiah senilai jutaan rupiah bagi pemenang.

Tidak hanya menghadirkan ragam jajanan kuliner nusantara yang berasal dari UMKM Binaan FIFGROUP, FIFestival juga memberikan hiburan dan kenikmatan dalam satu paket yang tak terlupakan.

Tahun ini, FIFestival menambahkan beberapa kegiatan baru yang tidak ada di tahun sebelumnya, seperti pemeriksaan kesehatan gratis dan talkshow tentang pencegahan serta penanganan kanker bagi para pengunjung.

Inovasi-inovasi ini menambah daya tarik FIFestival dan memberikan nilai lebih bagi pengunjung yang datang.

Salah satu keunggulan dari FIFestival adalah keberagaman UMKM yang turut berpartisipasi.

Tidak hanya melibatkan UMKM konvensional, FIFGROUP juga memberikan kesempatan kepada UMKM disabilitas untuk menjajakan produk handmade menarik mereka.

Hal tersebut menunjukkan inklusivitas dan keragaman yang dijunjung tinggi dalam acara ini.

Sejumlah pengunjung turut menyampaikan rasa senangnya dengan kehadiran FIFestival 2024.

Seorang pengunjung bernama Muliani Wahab menuturkan kegiatan ini memberikan semangat positif bagi seluruh pelaku UMKM binaan FIFGROUP dan juga karyawan di kawasan perkantoran Astra turut mendukung program pengembangan UMKM yang dilakukan.

“Saya sangat menikmati berbagai jajanan kuliner yang ada di FIFestival. Produk-produk UMKM yang ditampilkan sangat beragam dan rasanya luar biasa. Pengunjung lain yang hadir ke FIFestival juga pasti merasakan kemeriahan dari acara ini," ujar Muliani.

Melalui FIFestival, FIFGROUP tidak hanya memberikan dukungan bagi UMKM Binaan mereka, tetapi juga mewujudkan komitmen dalam aspek Environment, Social, and Governance (ESG) serta keberlanjutan atau Sustainability.

Dukungan ini tampak dalam upaya mendukung pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, sejalan dengan tujuan Sustainability Development Goals Nomor 8.

Dalam konteks fokus pemerintah terhadap pengembangan UMKM di Indonesia, FIFestival muncul sebagai wujud nyata dari upaya kami dalam mendukung pertumbuhan ekonomi mikro.

FIFGROUP berharap keberhasilan FIFestival tidak hanya menjadi acara tahunan yang dinantikan, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam mengangkat peran strategis UMKM dalam perekonomian nasional.

Salah satu UMKM binaan FIFGROUP, yaitu Edwin, pemilik UMKM dengan produk Nasi Uduk Wong Purbalingga mengaku bersyukur bisa terlibat dalam acara FIFestival 2024.

"Saya sangat berterima kasih telah dipilih menjadi salah satu UMKM yang bisa berpartisipasi dalam FIFestival Street Food 2024," ucap Edwin.

Dia mengaku penjualannya selama acara ini jauh meningkat dibandingkan hari-hari biasa.

"Semoga acara seperti ini bisa terus berlangsung dan mendukung lebih banyak UMKM di masa depan," harap Edwin.

Indah Nurhasanah selaku pemiliki dari Ayam Bakar Kang Tholib yang baru pertama kali mengikuti gelaran FIFestival Street Food juga sangat senang dengan antusiasme pengunjung.

“Pengalaman pertama kami di FIFestival Street Food sangat mengesankan. Antusiasme pengunjung sangat tinggi dan memberi kami dorongan untuk selalu menyajikan cita sara ayam bakar yang otentik,” ungkap Indah.

Turut hadir memeriahkan FIFestival Street Food 2024 adalah UMKM Naik Kelas yang sudah sering mengisi workshop UMKM, yaitu Cici Yohani selaku owner Yoyo Bolen, dan Mudaiyah selaku owner Lestari Catering.

Menurut Cici Yohani, acara FIFestival memberikan peluang besar bagi kami untuk memperkenalkan produk Yoyo Bolen ke lebih banyak orang.

"Kami merasakan manfaat besar dari partisipasi ini, mulai dari peningkatan penjualan hingga umpan balik positif dari pengunjung," tutur Cici Yohani.

Mudaiyah dari Lestari Catering menambahkan keterlibatannya dalam FIFestival sangat membantu dalam membangun jaringan dan mendapatkan pelanggan baru.

"Kami berterima kasih kepada FIFGROUP atas kesempatan ini dan berharap acara ini terus berlanjut di masa mendatang," imbuhnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler