Marhaban World Cup di Pintu Masjid

Catatan KURNIAWAN MUHAMMAD, Nelspruit

Minggu, 04 Juli 2010 – 14:53 WIB
MARHABAN - Masjid of Valensia, satu-satunya masjid di kota Nelspruit yang menjadi tempat berlangsungnya hanya empat laga PD 2010. Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos.
DI kota Nelspruit, ada sebuah kawasan yang banyak terdapat komunitas muslimSatu-satunya masjid di kota itu ya di kawasan itu

BACA JUGA: Libur Dua Hari ke Sun City

Ikut menyemarakkan Piala Dunia, di pintu masuk masjid dipasang banner mencolok bertulis: Marhaban World Cup 2010.

Tidak sulit mencari masjid itu
Selain kota yang tak seberapa luas (jumlah penduduk sekitar 300 ribu), di Nelspruit hanya ada satu masjid

BACA JUGA: Nelspruit Kembali Normal

Yakni di kawasan Valencia.

Bangunan masjid cukup megah, di pinggir jalan
Ada menara sekitar 40 meter

BACA JUGA: Bersaudara, Beda Favorit

Bentuk kubah mendominasi bangunan tersebutRuangan salatnya kira-kira dapat menampung hingga seribuan jamaah.

Tempat wudlunya juga nyamanSelain tersedia sedikitnya 30-an tempat wudhu dengan pilihan air panas dan air dingin, di beberapa titik juga disediakan handuk-handuk kecil untuk mengelap wajah dan tangan setelah berwudhu.

Ketika sore menjelang maghrib saya berada di sana, seorang pria bercambang lebat menyambut ramahDia sedang duduk di halaman masjid bersama empat orang lainnya, semuanya bercambang lebatRupanya mereka sedang menunggu waktu maghrib.

Pria ramah itu bernama Mohamad ChoksiTernyata, dia imam di masjid tersebutSetelah mengucap salam, pria 39 tahun itu menanyakan asal sayaKetika disebut Indonesia, wajah Choksi berseri-seri"Masya Allah..Indonesia," katanya.

Meski belum pernah ke Indonesia, Choksi mengaku sangat kagum dengan Indonesia"Yang saya tahu tentang Indonesia, pemerintahnya sangat rapi dalam mengorganisasi jamaah hajiSaya iri dengan muslim di Indonesia," kata pria keturunan Pakistan itu.

Lebih lanjut dia bercerita, saat berhaji tiga tahun lalu, dia banyak berkenalan dengan jamaah haji asal IndonesiaDari para jamaah itulah Choksi mendapatkan gambaran tentang pemerintah Indonesia dalam mengorganisasi haji.

Choksi juga menanyakan tujuan saya ke Afsel, terutama di NelspruitKetika dijawab meliput Piala Dunia, Choksi kembali menunjukkan aura gembira"Umat muslim di sini sangat gembira menyambut Piala DuniaKami akan berusaha membantu setiap wartawan muslim yang datang ke mari, apa yang mereka inginkan" katanya.

Dia menceritakan, Valencia adalah kawasan yang paling banyak dihuni muslimJumlahnya kira-kira 3.000 orangKebanyakan dari mereka adalah keturunan India dan Pakistan"Masjid ini kami bangun sendiri sejak 1980," paparnya.

Pada kesempatan itu Choksi bertanya, apakah sudah dapat tempat untuk menginap selama berada di Nelspruit"Jika Anda kesulitan tempat menginap, Anda bisa menginap di rumah kami," katanya.

Masjid itu memang ramah menyambut Piala DuniaSalah satunya ditunjukkan dengan banner di depan pintu masukBanner itu dipasang mencolok dalam bahasa Inggris dan Bahasa ArabDi bagian atas tertulis: Your comfort, our goalDi bagian bawah ada huruf Arab yang bunyinya:  Marhaban (selamat datang), dilanjutkan dengan kata "Welcome 2010".

Choksi menambahkan, sebagai warga Afsel, dia bangga negaranya menjadi tuan rumah Piala DuniaKarena itu, dia sudah menyampaikan kepada para pengurus masjid (semacam takmir) agar membantu siapa saja yang datang ke masjid untuk minta bantuan"Kami tidak hanya membantu muslimSiapa pun hamba Allah yang datang kemari, Insya Allah kami bantu semampu kami," katanya(*/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berwisata Naik Mobil Sayur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler