Mari Objektif Menilai Anies, Lebih Banyak Izin untuk Gereja ketimbang Masjid

Selasa, 18 Oktober 2022 – 18:18 WIB
Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Effendie Choirie dalam program Ngompol JPNN.com di YouTube. Foto: YouTube/JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Effendy Choirie atau Gus Choi menyatakan parpolnya memiliki kalkulasi politik sebelum mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden. 

"NasDem sudah punya kalkulasi politik dan punya penilaian objektif terhadap kepemimpinan Anies di Jakarta," kata Gus Choi dalam  tayangan Ngompol JPNN.com di YouTube.

BACA JUGA: NasDem Usung Anies Capres 2024, Gus Choi: Respons Negatif Juga Luar Biasa

Mantan wartawan itu juga menyinggung tuduhan negatif yang menyebut Anies sebagai bapak politik identitas.

Gus Choi menyebutkan tidak semua politik identitas bermakna negatif. Menurut dia, politik identitas justru lebih banyak bernilai positif.

BACA JUGA: Doa Awali Deklarasi Capres NasDem, Gus Choi: Yakin dengan Ijtihad Kami

"Negara ini didirikan atas identitas, makanya ada Bhinneka Tunggal Ika," tuturnya.

Mantan legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR RI itu menjelaskan Anies Baswedan dituduh bertindak diskriminatif saat Pilkada DKI Jakarta 2017.

BACA JUGA: Pacul Anggap Anies Bisa Gagal Jadi Capres, Gus Choi NasDem Bilang Begini

Menurut Gus Choi, tuduhan itu tidak ada saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Anies menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan pada 2014.

Gus Choi menegaskan tuduhan soal Anies bertindak diskriminatif pun tidak terbukti.

"Selama dia (Anies, red) memimpin tidak ada diskriminasi secuil pun terhadap minoritas atau kepada suku, agama. Justru Anies menunjukkan bahwa dia proporsional, dia adil," ucapnya. 

Gus Choi mencontohkan soal umat Nasrani di ibu kota yang kesulitan memperoleh izin mendirikan gereja. Izin itu tak pernah keluar pada masa gubernur-gubernur sebelum Anies.

"Oleh Anies semua dikasih izin. Jumlah izin yang diberikan selama lima tahun sekitar 31 pendirian gereja, masjid hanya 19," kata Gus Choi.

Selain itu, Gus Choi juga menyebut Anies ketika terpilih menjadi gubernur DKI tidak mengistimewakan pada pendukungnya.

"Jadi, jelas tidak ada diskriminasi. Di satu sisi kepemimpinan lima tahun itu damai, tidak hiruk pikuk seperti zaman Ahok, tidak ada kontroversi," ujarnya.

Oleh karena itu Gus Choi menegaskan Anies memang bisa menata Jakarta.

"Faktanya dia bukan hanya bisa menata kata-kata yang bagus, melainkan juga bisa menata kota Jakarta yang bagus. Ini fakta," kata Gus Choi.(mcr8/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anies Baswedan Beber Isi Pertemuan dengan Jenderal Andika Perkasa, Lihat Fotonya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler