Marquez Memang Monster

Empat Lomba, Selalu Pole sekaligus Menang

Senin, 05 Mei 2014 – 07:22 WIB
Marc Marquez Memang Monster. Getty Images

JEREZ - Marc Marquez melalui lomba ke-100 di kejuaraan dunia balap motor dengan sempurna. Pembalap Repsol Honda itu menjadi yang terdepan dalam lomba MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (4/5).
       
Kemenangan itu membuat Marquez semakin nyaman di puncak klasemen. Dia semakin jauh meninggalkan rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang ada di urutan kedua.
        
Victory itu juga semakin mempertegas status Marquez sebagai monster kemenangan di MotoGP musim ini. Empat lomba yang sudah berlangsung, semuanya berhasil dia menangi. Plus catatan selalu pole position di empat seri itu.
       
Sirkuit Jerez yang sebelumnya tidak pernah bisa ditaklukkan Marquez, kemarin menjadi salah satu daerah kekuasaannya. Dia antara, 22 sirkuit yang pernah menjadi panggung Marquez berlomba di ajang kejuaraan dunia balap motor, tinggal dua saja yang belum dia menangi. Yaitu Donington Park dan Shanghai. Sayang, dua sirkuit itu kini sudah tidak menjadi tuan rumah MotoGP.
       
Seperti seri-seri sebelumnya, MotoGP Spanyol kemarin menjadi "balapan sepi" buat rider 21 tahun itu. Karena hanya di dua lap awal dia bertarung dengan duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Setelah itu, Marquez ngacir meninggalkan lawan-lawannya hingga finis dengan keunggulan lima detik.
       
Pada lap pertama, Marquez sempat saling salip dengan Rossi beberapa kali. Namun, menjelang akhir lap pertama, Marquez mampu menyalip Rossi. Rossi akhirnya finis kedua, diikuti Pedrosa yang melengkapi podium. Sementara, Lorenzo hanya mampu finis keempat.
    
"Ini (kemenangan luar biasa). Jerez adalah satu-satunya sirkuit yang belum pernah aku taklukkan," kata Marquez. "Aku tidak menyangka jika balapan akan berakhir seperti ini. Aku pikir Valentino dan khususnya Dani dan Jorge bisa lebih kuat," lanjutnya.
       
Meski tidak bisa memberikan tekanan pada Marquez, Rossi mengaku senang bisa finis kedua. Apalagi, dia sedikit gambling dengan menggunakang ban depan jenis hard ketika mayoritas pembalap lain memakai medium. Selain Rossi, pembalap lain yang menggunakan ban depan keras adalah Bradley Smith (Yamaha Tech 3) dan Scott Redding (Gresinsi Honda).
       
"Dengan ban depan hard, saya bisa lebih konsisten sepanjang lomba. Dani memang sempat mendekat, namun saya bisa membendungnya sampai finis," kata Rossi. "Ini adalah podium pertama saya di Jerez sejak 2010, jadi hasil yang sangat bagus," imbuhnya.
       
Sekitar 118 ribu penonton memenuhi Sirkuit Jerez kemarin. Sirkuit lain akan sulit memecahkan catatan itu sepanjang musim ini. Membuktikan bahwa Jerez tetap menjadi salah satu sirkuit MotoGP paling heboh. (cak/ang)

BACA JUGA: Mitra Kukar Bantai Persiba 4 Gol Tanpa Balas

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mayweather Lolos dari Teror Maidana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler