Marzuki Alie Beli Mobil Esemka

Rabu, 04 Januari 2012 – 16:18 WIB

JAKARTA--Ketua DPR Marzuki Alie, juga kepincut dengan mobil hasil karya pelajar SMK 2 Surakarta, Jawa Tengah. Selain mendukung agar karya-karya tersebut dikembangkan, Marzuki juga membeli satu unit mobil bermerk Esemka Rajawali.

Pembelian itu dilakukannya saat meninjau langsung di halaman parkir Kantor Walikota Surakarta, Rabu (4/1).“Iya, saya membeli satu unit  yang tipe double cabin,” katanya di Surakarta, Rabu, (4/1).

Ia mengungkapkan, dengan kehadiran hasil karya cipta pelajar SMK 2 itu semakin menguatkan fakta bangsa ini mempunyai potensi yang sangat besar. Hasil karya itu, kata dia, harus diberikan apresiasi yang besar. "Anak bangsa kita mempunyai kapasitas atau kemampuan untuk menghasilkan suatu produk yang membanggakan bangsa,” katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan pelajar SMK, itu salah satu jalan mewujudkan program mobil nasional. "Sampai sekarang kita belum punya yang namanya mobil nasional, dulu kan ada Mobil Timor," katanya.
Nah, tentunya hal itu harus diberikan dukungan terus, termasuk untuk penyempurnaan sehingga menjadi hasil produksi kebanggaan nasional. "Untuk itu wajib hukumnya untuk kita dukung,” ujarnya.

Guru Pembimbing SMK 2 Surakarta, Budi Martono memastikan bahwa hampir 100 persen komponen badan atau body mobil merupakan hasil karya anak bangsa. Demikian pula dengan mesin. Dari keseluruhan komponen yang ada, hanya tiga jenis yang masih harus dibeli dari produk luar negeri. “Yang belum bisa kita bikin hanya cincin torak, katup dan sistem  injeksi,” kata Budi.

Hingga saat ini, tercatat telah tiga pejabat negara yang membeli mobil tersebut. Mereka adalah Ketua DPR, Marzuki Alie, Walikota Surakarta, Joko Widodo dan Wakilnya, FX Hadi Rudyatmo. Sedangkan yang telah menyampaikan keinginan akan membeli adalah politisi Partai Demokrat dari Dapil Yogyakarta, Roy Suryo. “Pak Roy juga katanya Jumat besok mau kesini untuk membeli,” kata Budi.(boy/jpnn)



 

BACA ARTIKEL LAINNYA... MKH Non Palukan Hakim PN Saumlaki


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler