Marzuki Dianggap Paling Layak Gantikan Anas

Kamis, 28 Februari 2013 – 20:51 WIB
JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie dinilai paling layak menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Selain memiliki dukungan yang cukup signifikan dalam kongres ke-2 Partai Demokrat di Bandung pada 20-23 Mei 2010 lalu, menurut Qodari, Marzuki Alie juga mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

"Marzuki Alie paling layak jadi ketua umum karena beliau adalah kader dan pernah menjadi Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat dan mempunyai dukungan yang sangat signifikan saat kongres di Bandung 2010 lalu," kata M Qodari, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (28/2).

Selain itu, dia juga menilai kepribadian Marzuki Alie yang saat ini menjabat Ketua DPR terbilang bersih. "Jadi secara relatif, tidak ada masalah kalau Marzuki memimpin Partai Demokrat," ujarnya.

Selain Marzuki Alie, M Qodari juga menyebut orang-orang Anas Urbaningrum yang hingga saat ini masih bertahan di Partai Demokrat juga pantas untuk diperhitungkan sebagai calon ketua umum.

"Saya melihat dari sejumlah kubu Anas yang masih bertahan di Partai Demokrat salah satunya adalah Saan Mustopa. Dia juga pantas untuk diperhitungkan," ungkap Qodari.

Kubu Anas Urbaningrum yang saat ini bertahan di Demokrat menurut Qodari, pasti sudah menggalang kekuatan hingga ke daerah-daerah untuk mengusung salah satu jagoannya seperti Saan Mustopa.

Terakhir Qodari mengungkap kekuatan internal Partai Demokrat yang berasal dari kubu Andi Mallarangeng seperti Jero Wacik yang hingga kini menjadi salah satu orang kepercayaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kabinet.

"Dalam masa jabatan pertama SBY tahun 2004-2009, Jero Wacik dipercaya presiden untuk menduduki jabatan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dan pada periode kedua 2009-2014, Jero Wacik masih dipercaya duduk di kabinet sebagai Menteri ESDM. Beliau juga potensi untuk jadi Ketum Demokrat," kata Qodari. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasek: Kalau Mau Happy, Pilih Ruhut jadi Ketum

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler