Marzuki: Lebih Baik Penentuan 1 Ramadan Ikut Pemerintah

Kamis, 19 Juli 2012 – 20:18 WIB

JAKARTA -- Ketua DPR Marzuki Alie mengingatkan sebaiknya penentuan 1 Ramadan jangan terlalu diperdebatkan. Dia mengatakan, sebaiknya ikuti saja keputusan pemerintah sehingga menghindari perbedaan.

Namun, dia tidak memersalahkan bagi pihak-pihak yang tidak mengikuti keputusan pemerintah karena menyangkut keyakinan. "Kita ikut pemerintah saja. tidak usah diperdebatkan, yang tidak mau ikut tidak apa. Ini kan demokrasi," katanya dihubungi Kamis (19/7), malam dari Jakarta.

Menurutnya, masalah ini merupakan persoalan keyakinan. Jadi, pihak-pihak yang tidak mau ikut pemerintah, silahkan saja. "Karena pemerintah mayoritas, yang tidak ikut silakan. Tidak masalah," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu.

Penentuan 1 Ramadan kali ini kembali berbeda sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan tahun ini, sidang isbat yang digelar Pemerintah tidak dihadiri Muhammadiyah. Jauh hari sebelumnya, Ketua Umum PP Muhammadiyah sudah menyatakan tidak akan menghadiri undangan sidang isbat tersebut.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menyayangkan ketidakhadiran Muhamamdiyah di sidang isbat kali ini. "Saya menyayangkan Muhammdiyah tidak datang," kata Menag Suryadharma Ali di sela-sela sidang Itsbat yang berlangsung di Kantor Kemenag Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (19/7). (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... PKS Ngaku Kalah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler