Masih Ada Tanggungan Rp60 miliar

Dari Deputi I Inasoc Ke Delapan Vendor

Jumat, 16 Desember 2011 – 20:02 WIB
JAKARTA - SEA Games XXVI/2011 memang telah usai dilaksanakan dengan kesuksesan Indonesia menjadi juara umum pada November laluNamun, klaim kesuksesan pelaksanaan yang digembar-gemborkan tidak sepenuhnya benar karena ternyata masih ada proses pembayaran sebesar Rp 60-an Miliar yang belum beres.

"Kami masih menyelesaikan proses pembayaran untuk delapan vendor dalam wilayah Deputi I

BACA JUGA: Santos Tolak Main Bertahan

Soalnya kami masih memberikan uang muka," kata Deputi I Inasoc Djoko Pramono saat ditemui di kantornya, Rabu (14/12) lalu.   

Uang yang jumlahnya cukup besar itu adalah tanggungan dari Inasoc (panitia SEA Games XXVI/2011) untuk pembayaran delapan item
Yakni, perusahaan (vendor) yang menangani medali, seragam panitia, lampu untuk Stadion Lebak Bulus, IT, akreditasi (dua vendor), technical handbook, dan doping

BACA JUGA: Barca Punya Opsi Buyback



Meski masih memiliki tanggungan alias belum rampung seluruhnya, Djoko tak terlalu khawatir
Alasannya, keuangan yang menjadi tanggungan tersebut sudah ada di rekening Inasoc

BACA JUGA: PSG Tetap Incar Beckham

Hanya, untuk proses pembayaran memang harus melalui proses yang tidak mudah.

"Kalau uang sudah ada, dan yang harus dibayarkan sekitar Rp 60 miliarTapi proses administrasi untuk pengeluaran anggaran itu yang sangat sulit," jelas lelaki berkacamata tersebut.

Mengenai jumlah yang harus dibayarkan, terbesar adalah pengeluaran untuk IT yang mencapai sekitar Rp40 miliarSedang untuk sisanya, Djoko tidak menyebutkan secara rinciJika melihat wilayah kerja, sebenarnya permasalahan IT itu bukanlah menjadi tanggung jawab deputi ISebab, itu masuk pada wilayah urusan deputi II.

Hal itu juga dibenarkan oleh DjokoHanya, karena pada waktu persiapan SEA Games lalu cukup mepet dan permasalahan IT tak kunjung selesai, Djoko akhirnya mengambil alih tugas Deputi II tersebut.

Melihat jumlah yang cukup besar itu, pihaknya tidak bsia langsung menyelesaiakan proses pembayaran secara bersamaanDia melakukan penyelesian secara bertahap terhadap delapan vendor.

"Kami sudah melakukan proses penyelesian untuk tiga vendor dahulusetelah itu bertahap yang lain akan diselesaikan seluruhnya," tandas Djoko.

Lantas, apakah masih ada permasalahan yang sama di bawah urusan deputi II, III dan IV Inasoc" Djoko enggan menjelaskanDia mengaku tidak tahu menahu mengenai urusan deputi lain karena yang menjadi tanggung jawabanya hanyalah ursan deputi I. (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penentuan Tontowi/Lilyana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler