Masih Sementara, Inilah Jago Polri untuk Seleksi Capim KPK

Kamis, 20 Juni 2019 – 15:22 WIB
Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Desyinta Nuraini/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Mabes Polri tengah menyiapkan para perwiranya untuk mengikuti seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejauh ini ada sembilan perwira Polri yang akan mengikuti seleksi untuk menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023.

Di antara nama petinggi Korps Bhayangkara yang bakal mengikuti seleksi calon pimpinan KPK adalah perwira berbintang dua, yakni Irjen Antam Novambar, Irjen Dharma Pongrekun, Irjen Coki Manurung, dan Irjen Abdul Gofur. Adapun lima nama lainnya yang berbintang satu, yakni Brigjen (Pol) Muhammad Iswandi Hari Brigjen (Pol) Bambang Sri Herwanto, Brigjen (Pul) Agung Makbul, Brigjen (Pol) Juansih, Brigjen (Pol) Sri Handayani.

BACA JUGA: 234 Anggota Polri Jadi Korban Kerusuhan 21 - 22 Mei

Namua-nama itu tettera dalam surat Kapolri bertanggal 19 Juni 2019. Surat itu diteken Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri.

BACA JUGA: Sembilan Jenderal Polisi akan Ikut Seleksi Calon Pimpinan KPK

BACA JUGA: Kivlan Minta Perlindungan, Menhan Langsung Bisik-Bisik dengan Polisi

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, nama-nama yang beredar itu masih bersifat sementara. “Barusan saya ditelepon staf SDM bahwa nama-nama tersebut belum final,” ujar Dedi saat dihubungi wartawan, Kamis (20/6).

Dedi menuturkan, sesuai peraturan Kapolri maka pelibatan anggota Polri di instansi KPK harus melalui penugasan khusus. Oleh sebab itu, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya meliputi kelengkapan administrasi, kompetensi, rekam jejak dan lain-lain.

BACA JUGA: Perkembangan Terbaru Korban Tertembak Saat Kerusuhan 21-22 Mei

Dedi menambahkan, Polri akan mematangkan nama-nama perwiranya yang bakal mengikuti seleksi capim KPK. “Apabila sudah final, tentunya akan kami sampaikan surat secara resmi kepada Pansel Capim KPK,” tegas Dedi.

BACA JUGA: Datangi Istana, Bu Yenti Cs Laporkan Rencana Gandeng BNN & BNPT Telusuri Jejak Capim KPK

Menurut Dedi, karena masa pendaftaran capim KPK akan berakhir pada 4 Juli mendatang, maka Polri akan memastikan nama-nama perwiranya yang akan mengikuti seleksi kandidat pimpinan di lembaga antirasuah itu pada 3 juli. . “Targetnya H-1 sebelum masuk ke pendaftaran,” pungkas Dedi.(jawapos.com/jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sembilan Jenderal Polisi akan Ikut Seleksi Calon Pimpinan KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler