Masjid Raya Bandung Sembelih Hewan Kurban Titipan Jokowi, Berat Sapi 1,13 Ton

Selasa, 18 Juni 2024 – 12:15 WIB
Sapi jenis simental titipan Presiden Jokowi disembelih di RPH Cirangrang Kopo, Kota Bandung, Selasa (18/6/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jpnn.com, BANDUNG - Masjid Raya Bandung melakukan penyembelihan hewan kurban sapi titipan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sapi jenis simental dengan berat 1,13 ton itu disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Cirangrang Kopo, Kota Bandung.

BACA JUGA: DKM Masjid Al-Aqsa Potong Hewan Kurban Senilai Rp 2,3 Miliar

Hewan tersebut dibeli dari peternak lokal asal Kota Bandung dengan nama Ragasa.

"Hari ini dilaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dititipkan ke Masjid Raya Bandung, salah satunya adalah sapi dari titipan bapak Presiden RI ini yang paling besar, akan disembelih hari ini dan dagingnya Insya Allah akan dibagikan di Masjid Raya Bandung," kata Ketua DKM Masjid Raya Bandung Ayi Hasyim Asy'ari ditemui JPNN di RPH Cirangrang Kopo, Selasa (18/6/2024).

BACA JUGA: Menuju Kecepatan Tak Tertandingi, Yamaha Bakal Kenalkan Teknologi Turbo!

Sapi berukuran jumbo itu tiba di RPH Cirangrang Kopo sekitar pukul 09.30 WIB setelah diangkut dari kandang peternak di daerah Ujungberung, Kota Bandung.

Setelah dilakukan serah terima dari DKM Masjid Raya Bandung kepada petugas jagal, sapi tersebut kemudian disembelih. Meski memiliki ukuran badan yang besar, proses penyembelihan tak kurang dari 10 menit saja.

BACA JUGA: Bencana Longsor di Lumajang, Petugas Temukan Korban Terakhir

Ayi mengatakan setelah sapi titipan Jokowi itu disembelih kemudian daging direcah untuk kemudian dikemas dan dibagikan kepada masyarakat.

Proses pembagian daging kurban akan dilakukan di Masjid Raya Bandung, siang nanti pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 1.000 kupon dibagikan kepada masyarakat sebagai syarat mendapatkan daging kurban.

Selain sapi Jokowi, tahun ini Masjid Raya Bandung menerima titipan enam ekor sapi dan tiga domba.

"Pembagian di Masjid Raya Bandung kemungkinan membludak, punya keterbatasan jumlah daging. Seandainya ada warga yang tidak mendapatkan kami mohon maaf karena keterbatasan dalam penyediaan hewan kurban," ujarnya.

"Karena, memang ada penurunan, tahun-tahun kemarin ada sembilan (ekor), sekarang enam hewan kurban," lanjutnya. (mcr27/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Jokowi & Ibu Negara Salat Id di Simpang Lima Semarang, Ketua KPU Hasyim Asyari jadi Khatib


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler