Maskawin Tiga Mata Uang

Minggu, 22 Januari 2012 – 08:41 WIB
Ussy Sulistiawati dan Andhika Pratama usai melangsungkan akad nikah di Hotel Crowne Plaza, kemarin (21/1). Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

JAKARTA - Rona bahagia memancar dari paras Ussy Sulistyawati dan Andhika Pratama. Pasangan yang sudah menjalin kasih empat tahun itu akhirnya mengikat janji suci pernikahan kemarin (21/1). Bertempat di Crown Hotel, Jakarta, mereka menjalani akad nikah.

Andhika memakai jas dan celana panjang berwarna keemasan yang dipadu dengan blus peach, kain songket pink, serta peci berwarna keemasan dengan aksen songket pink. Sedangkan Ussy anggun dengan kebaya berwarna peach. Menuju pelaminan, Ussy didampingi dua anaknya, Syafa Al Zahra dan Nur Amalia Putri, yang membawa bunga berwarna kuning.

Proses akad yang disiarkan langsung tayangan infotainment sebuah televisi swasta itu tampak berjalan lancar. Siapa sangka, Ussy dan Andhika sama-sama gugup. Andhika malah mengaku deg-degan sejak malam sebelumnya. "Aku takut nggak tegas," ucap Ussy dalam konferensi pers usai ijab kabul.

"Tegang pastinya. Sepertinya, kalau jalani proses suci itu pasti tegang ya. Karena kita pinginnya sekali selamanya," sambung Andhika. "Aku terbawa suasana. Baca doa, haru. Tapi, juga berpikir jangan sampai aku ada kesalahan kecil," imbuh pesinetron 25 tahun tersebut.

Maskawin dua mempelai cukup unik. Andhika menyerahkan uang 21 dolar Amerika Serikat, 1 riyal Arab Saudi, serta Rp 2012. Selain melambangkan tanggal pernikahan, ada arti khusus di balik penggunaan tiga mata uang tersebut. 

"Dolar itu nilainya tinggi. Harapannya, kita bisa saling meninggikan satu sama lain. Sedangkan 1 riyal itu menandakan bulan pertama, juga menandakan bahwa kita muslim," jelas Ussy. Bagaimana dengan 2012? "Itu menandakan tahun sekarang. Kami pakai duit lama karena kami lahir dengan uang segitu," imbuhnya, lantas tertawa.

Setelah resepsi yang diadakan tadi malam, mereka menjalani prosesi ngunduh mantu di kampung halaman Andhika di Malang pada 26 Januari mendatang. Barulah setelah itu mereka berbulan madu ke Eropa selama dua pekan. Mereka mengaku butuh waktu untuk sendirian sebagai suami istri setelah kerepotan mempersiapkan pernikahan.

Ussy dan Andhika sejatinya memiliki banyak perbedaan. Mulai usia Ussy yang lebih tua enam tahun hingga statusnya yang janda dengan dua anak. "Dari awal aku sama Ussy bukan cari pacar untuk have fun. Kita punya tujuan. Dari tahun ke tahun kita membiasakan diri untuk seperti suami istri. Share, terbuka, enggak ada kebohongan. Mudah-mudahan sejak sekarang bisa lebih baik," harap Andhika. (na/c10/ayi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Vokalis Debu Nikahi Cinta Penelope


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler