Massa FPI Bentrok dengan Warga Sukorejo

1 Mobil Dibakar, 4 Mobil Dirusak

Jumat, 19 Juli 2013 – 01:50 WIB
KENDAL - Akibat bentrok FPI dan warga Sukorejo Kendal, Jateng, satu mobil dibakar warga. Sementara empat mobil yang terparkir di sekitar alun-alun Sukorejo dirusak massa warga setempat. Hingga Kamis (18/7) petang, sekitar 30 anggota FPI diamankan Polisi dan belum bisa dievakuasi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, awalnya Rabu (17/7) malam diduga sejumlah anggota FPI asal Temanggung akan melakukan sweeping di sekitar wilayah Sukorejo. Kemudian dihadang warga setempat dan sempat terjadi bentrok.

Dua anggota FPI yang tercecer diamankan warga dan diserahkan ke Polsek Sukorejo. Kamis (18/7) pagi, sekitar 30 anggota FPI Temanggung dan Jogjakarta kembali ke Sukorejo diduga untuk membebaskan dua temannya tersebut. Setelah pulang, sebuah mobil Avanza Ab - 1705 - SA yang ditumpangi lima anggota FPI tersebut menabrak pengendara motor di depan SPBU Sukorejo.

Mobil tidak berhenti dan malah kabur ke arah Temanggung. Sehingga Supra X 125 H - 6088 - ND yang dikendarai Suyatmi warga Kecamatan Patean dan Trimunarti warga Kecamatan Pageruyung terseret hingga sekitar satu kilometer.

Warga yang berhasil mengejar mobil langsung merusak dan membakarnya. Sementara lima anggota FPI yang berada di dalam mobil berhasil kabur. Sebelumnya, seorang anggota Polair juga ditabrak saat berusaha menghentikan mobil tersebut.

Hal itu dibenarkan warga setempat bernama Joko Wiyono (41). Setelah bentrok di sepan SPBU tersebut, anggota FPI lainnya diamankan petugas di Masjid Kauman. "Setelah itu yang lain diamankan petugas," katanya kemarin.

Warga lain bernama Untung (45), pengendara motor ditabrak mobil anggota FPI dari SPBU Sukorejo dan terseret hingga Desa Wates, Kecamatan Patean.

"Mobil nggak berhenti malah kabur dan dikejar warga. Setelah ditangkap, warga langsung marah dan mobil dirusak dan dibakar," terangnya.

Kapolres AKBP Asep Jenal Ahmadi, Wakapolres Kendal Kompol Mulyawati Syam beserta jajarannya mengamankan lokasi dan belum bisa dikonfirmasi. Hingga sore ribuan warga setempat mengepung lokasi dan enngan melepaskan anggota FPI yang berada di masjid. Ratusan anggota Dalmas dan Brimob Polda Jateng dikerahkan ke lokasi.

Hingga kemarin Magrib warga baru mulai sedikit demi sedikit meninggalkan lokasi. Saat isak, evakuasi baru bisa dilakukan. Sekitar 30 anggota FPI tersebut dievakuasi ke Mapolda Jateng. Dua warga korban tabrakan di larikan ke RSU Temanggung. Sementara satu anggota FPI yang terluka dilarikan ke RS Tugu Semarang. Sedangkan satu anggota Polair Polres Kendal yang terluka ditabrak Avanza dilarikan ke RSUD Kendal.(yud)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MK Tegaskan Pasangan JS-RK Bupati Minahasa Tenggara

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler