Masuk Bursa Capres PAN, Amien Rais Merasa Muda Lagi

Minggu, 10 Juni 2018 – 03:55 WIB
Amien Rais. Foto: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Amien Rais memunculkan empat nama yang akan dicalonkan Partai Amanat Nasional (PAN) di Pilpres 2019. Dia termasuk salah satunya.

Tiga nama lagi adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan dua mantan ketum yaitu Soetrisno Bachir dan Hatta Rajasa. Hal ini disampaikan Amien saat buka bersama dengan pengurus DPP dan DPW PAN se-Indonesia, di Jakarta, Sabtu (9/6).

BACA JUGA: Zulkifli Hasan Mengaku Beda Level dengan Amien Rais

Dalam posisi sekarang kata Amien Rais, siapa Presiden RI 2019 masih rahasia Tuhan. Di sisi lain, manusia juga punya kewajiban berjuang untuk mencapai cita-citanya.

"Nah sekarang ini, memang Pak Jokowi (Joko Widodo) memang sudah diendorse sama PDIP dan beberapa partai yang lain. Sementara yang mau melawan Pak Jokowi kan belum jelas," kata Amien.

BACA JUGA: Zulkifli Hasan: Amien Rais Lebih Berhak jadi Capres PAN

Prabowo Subianto, lanjut Amien, memang sudah didukung juga oleh partainya, Gerindra. Hanya saja koalisinya belum solid. Karenanya di Rakernas PAN mendatang, bila PKS sudah mengajukan 9 kadernya sebagai capres, PAN juga demikian.

"Maka kami akan mengusung cuma empat saja. Kader terbaik yaitu ketua umum masing-masing pada zamannya," kata pendiri PAN tersebut.

BACA JUGA: Yakinlah, Presiden Jokowi Makin Dekat Umat Islam

Soal empat nama dari PAN, tiga menurutnya berkompeten dan punya pengalaman di eksekutif, legislatif maupun dunia usaha. Sedangkan dirinya, Amien menyebut agak layak dicapreskan.

Apalagi berkaca pada Pemilu Malaysia yang dimenangkan politikus tua sekelas Mahathir Mohamad. Amien merasa menjadi muda lagi.

"Kalau Mbah Amien Rais ini kan walaupun tua ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir jadi, saya jadi remaja lagi sekarang kan ya, jadi saya terimakasih pak Mahathir. Jadi saya pun sedikit agak layak ya. Sudah agak kuno ya, tapi ya dengan Mahathir itu jadi ada semacam ada perubahan visi orang Asia Tenggara ini," tutur Amien.

Siapa pun nanti yang disepakati sebagai capres-cawapres penantang Jokowi, Amien menyerahkan kepada rakyat menilai. Sejauh ini, katanya, PAN tetap akan berkoalisi dengan Gerindra, PKS dan PBB. Bahkan dia barharap Demokrat bisa bergabung.

"Bahkan kalau misalnya ini, Partai Demokrat memperkuat kita, itu akan lebih bagus lagi. Jadi ini masih cair. Pak Zul akan menghubungi tokoh-tokoh partai itu, sangat lincah ya. Tunggu saja. Setelah Lebaran nanti akan lebih jelas lagi," pungkas Amien didampingi Zulkifli Hasan. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua MPR: Presiden Jokowi Berupaya Dekat dengan Umat Islam


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler