Masuk Pekan ke-4, Mana Pengumuman PPPK Guru 2022? Prediksi Indra Terbukti, Total nih

Senin, 20 Februari 2023 – 07:43 WIB
Pengamat dan Praktisi Pendidikan Indra Charismiadji sudah memprediksi seleksi PPPK Guru 2022 bakal gagal total. Foto: Dika Rahardjo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hari ini (20/2) sudah masuk pekan ke-4 Februari 2023, tetapi pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 belum juga ada.

Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani sebelumnya menyampaikan estimasi pengumuman hasil seleksi PPPK guru sekitar pekan ke-3 atau ke-4 Februari 2023.

BACA JUGA: Ide Solusi Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru Bukan Hal Baru, Apa Arti Prioritas? Parah

Semula, jadwal pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 ditetapkan 2-3 Februari 2023.

Namun, ditunda hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. Tidak jelas kapan tanggal pastinya.

BACA JUGA: Ketua Komisi X DPR Desak Segera Umumkan Hasil Seleksi PPPK Guru P1, P2 hingga P4 Bagaimana?

Laman gurupppk.kemdikbud.go.id, sebagai portal informasi seleksi PPPK guru 2022, hingga Senin pagi ini masih menampilkan tulisan “Pengumuman Hasil Seleksi ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.”

Pada pekan lalu, 13 Februari 2023, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan bahwa ada pertemuan dengan Kemendikbudristek pada 9 - 11 Februari.

BACA JUGA: PPPK Guru Begitu Baik, Tidak Rapelan Gaji 7 Bulan Tetap Ucap Alhamdulillah

Namun, dia mengaku belum mendapatkan laporan hasil pertemuan tiga hari tersebut.

"Jadi, tanggal 9 sampai 11 kemarin, BKN diundang Kemendikbudristek untuk melakukan pengolahan hasil seleksi PPPK guru," kata Suharmen kepada JPNN.com, Senin (13/2).

Deputi Suharmen mengungkapkan sebelum tim BKN memenuhi pertemuan tersebut, dia sempat menitipkan beberapa pesan penting untuk Kemendikbudristek.

Salah satunya adalah kalau Kemendikbudristek memang akan mengolah sendiri hasil seleksi PPPK guru, ya, silakan dilakukan.

Deputi Suharmen mengatakan, kepastian itu penting agar jelas siapa yang harus bertanggung jawab kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan ke depan.

"Kalau Kemendikbudristek mau mengelola sendiri silakan. Jangan sampai ketika ada masalah, BKN ikut terseret dengan alasan pengolahan ini sudah dilakukan bersama BKN," tuturnya.

Deputi Suharmen pun belum bisa memastikan kapan pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022.

"Setahu saya masih ada formasi yang berubah dan harus disandingkan kembali dengan data awal. Mungkin bisa tanya kepada Kemendikbudristek," ucapnya, pekan lalu.

Suharmen berharap Kemendikbudristek memberikan kepastian jadwal pengumuman hasil seleksi PPPK guru, agar kecurigaan masyarakat akan terjadinya manipulasi data bisa diminimalisir.

"Jangan sampai peserta P1 sampai P4 berpikir ada permainan, karena makin lama diumumkan hasilnya, akan berpotensi nilainya diubah-ubah juga besar," ujar Suharmen.

Nah, apakah dalam satu pekan terakhir masalah “formasi yang berubah” itu sudah terselesaikan? Tidak ada kabar apa pun dari Kemendikbudristek.

Prediksi Indra Charismiadji Terbukti

Jauh hari, 11 Maret 2022, Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji sudah memprediksi seleksi PPPK Guru bakal kacau.

Saat itu, Indra sudah mengimbau para guru honorer agar tidak berharap banyak dengan pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2022.

Bahkan, dia memprediksi nasib seleksi PPPK 2022 akan lebih buruk daripada 2021.

Sebab, ujar Indra, Kemendikbudristek tidak memiliki konsep yang jelas.

"Saya memprediksi PPPK 2022 gagal total, karena Kemendikbudristek tidak punya konsep jelas," kata Indra Charismiadi di Jakarta, Jumat (11/3).

Indra merasa kasihan terhadap para guru honorer karena mereka selalu mau saja dikasih janji-janji.

Saat diberikan angin segar sedikit, lanjut Indra, para guru honorer pun langsung adem.

"Guru honorer seharusnya tetap kritis. Jangan diberikan janji sedikit langsung iya-iya saja," pungkas Indra. (esy/sam/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler