Masyarakat Diajak Membeli Kopi Daerah Saat Jalan-jalan

Jumat, 11 Maret 2016 – 07:15 WIB
Menteri Perindustrian Saleh Husin. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak masyarakat untuk membeli kopi daerah saat traveling. Dengan membeli kopi daerah, nilai tambah industri‎ olahan kopi akan meningkat.

“Kita punya 11 kopi khas daerah, lazim disebut indikator geografis seperti kopi Gayo, Sindoro-Sumbing, Toraja. Belum lagi kopi yang diolah langsung rekan-rekan petani dan kelompok tani. Nah salah satu dukungan nyata bisa dilakukan saat kita jalan-jalan, belilah kopi-kopi di daerah yang kita sambangi," ujar Menteri Saleh di Jakarta, Kamis (10/3).

BACA JUGA: OSO: Saatnya Pengusaha Indonesia Percaya Diri Hadapi MEA

Saat ini sudah ada 11 kopi Indonesia yang telah mempunyai indikasi geografis yaitu Kopi Arabika Gayo, Kopi Sumatera Arabika Simalungun Utara, Kopi Robusta Lampung, Kopi Arabika Java Preanger, Kopi Java Arabika Sindoro-Sumbing, Kopi Arabika Ijen Raung, Kopi Arabika Kintamani Bali, Kopi Arabika Kalosi Enrekang, Kopi Arabika Toraja, Kopi Arabika Flores Bajawa, dan Kopi Liberika Tungkal Jambi.

Indonesia juga memiliki berbagai jenis kopi specialty yang dikenal di dunia, termasuk Luwak Coffee dengan rasa dan aroma khas sesuai indikasi geografis yang menjadi keunggulan Indonesia.

BACA JUGA: Lumayan, Ekspor Kopi Naik Tipis

Menteri Saleh juga menyinggung antusiasme anak-anak muda melakukan perjalanan ke sudut-sudut Tanah Air.

“Sekarang makin banyak anak muda yang gemar 'travelling'. Nikmatnya jalan-jalan, salah satunya menyesap kopi setempat. Jangan lupa beli untuk oleh-oleh. Ketika minum juga difoto, selfie dan sebutin nama daerah asal kopinya saat diunggah di media sosial. Promosi sederhana ini efektif turut membantu industri olahan kopi," tuturnya.

BACA JUGA: Fadli Zon Sarankan Pemerintah Bermitra dengan IPEMI

Dia juga mengajak membawa beberapa bungkus kopi khas Indonesia keluar negeri sebagai souvenir untuk kolega dan teman di negeri seberang.(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Jurus Pemerintah Agar Batam Tetap Jadi Primadona


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler