Masyarakat Mudik Lebih Awal, Mbak Rerie: Pemerintah Jamin Kelancaran Arus Lalu Lintas

Senin, 25 April 2022 – 16:23 WIB
Ilustrasi - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan saat ini banyak masyarakat yang memilih untuk mudik lebaran lebih awal.. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan saat ini banyak masyarakat yang memilih untuk mudik lebaran lebih awal.

Hal tersebut dilakukan untuk merespons anjuran pemerintah, agar tak terjadi kepadatan pada puncak arus mudik.

BACA JUGA: Mau Mudik ke Sumatra? Cek Tarif Kapal Merak-Bakauheni

Karena itu, dia meminta pemerintah menjamin kelancaran arus mudik.

Sejumlah kebijakan yang direncanakan diminta untuk dieksekusi dengan baik.

BACA JUGA: Mudik Naik Motor, Pemudik Disarankan Lakukan Ini Terlebih Dulu, Banyak Manfaatnya

Dia menilai, Faktor komunikasi dan koordinasi antar para pelaksana dan masyarakat sangat penting.

"Para petugas dari sejumlah instansi yang ditugasi mengawal kelancaran arus mudik dituntut berkoordinasi dengan baik," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/4).

BACA JUGA: Begini Harapan Pedagang di Rest Area Saat Mudik Lebaran 2022

Menurut Lestari, sejumlah kebijakan seperti pemberlakuan ganjil-genap, one way, mudik gratis dari sejumlah instansi swasta dan pemerintah, kesiapan moda transportasi, dan infrastruktur pendukung mudik lainnya, harus benar-benar bisa direalisasikan sesuai rencana.

Rerie, sapaan akrab Lestari- menilai kesiapan para petugas di lapangan dalam menjalankan setiap strategi pengaturan arus mudik harus terus ditingkatkan hingga pengaturan arus balik nanti.

Dia mengatakan dukungan masyarakat dalam bentuk kepatuhan terhadap sejumlah peraturan yang diterapkan sangat dibutuhkan.

Terpenting, jelas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, kesiapan para pemudik dalam melakukan perjalanan harus benar-benar diupayakan, agar skenario arus mudik bisa direalisasikan.

Menurut Rerie, upaya menyosialisasikan sejumlah strategi yang akan diterapkan juga harus efektif agar dukungan masyarakat dalam menjalankan aturan yang ada bisa maksimal.

"Tantangan berupa sosialisasi kebijakan yang mudah dipahami masyarakat dan koordinasi antara para pelaksana di lapangan, harus dijawab lewat disiplin para petugas dalam mengawal jalannya mudik tahun ini," ujarnya

Rerie berharap pelaksanaan mudik tahun ini bisa berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan, sehingga bisa memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Begini Suasana Terkini Bandara Soekarno Hatta Jelang Arus Mudik


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler