Masyarakat Perlu Paham Cara Berinvestasi yang Aman di PBK

Kamis, 23 Maret 2023 – 03:41 WIB
Bappeti memperingatkan masyarakat saat ini banyak modus baru perdagangan berjangka komoditi bodong. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - PT. Agrodana Futures menggelar Talk Show Perdagangan Berjangka Komoditi di Universitas Surabaya pada Selasa, (21/3) dengan narasumber dari Bappebti, Aspebtindo serta ICDX.

Industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) yang terus mengalami pertumbuhan positif selama beberapa tahun terakhir sempat dicemari oleh investasi bodong berkedok PBK, sehingga penting sekali untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang PBK.

BACA JUGA: Bitcoin Naik Lebih dari 60%, CEO Indodax Beri Tips Jitu Berinvestasi

“Masyarakat perlu paham cara berinvestasi yang aman di PBK agar bisa ikut mengambil manfaat dari industri ini. Bappebti juga sudah secara aktif dan terus menerus melakukan sosialisasi, pembinaan dan berbagai kegiatan lainnya untuk mengembangkan industri PBK ini menjadi sarana investasi yang aman bagi seluruh masyarakat,” tutur Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko.

Udi Margo Utomo, Ketua Umum Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) menuturkan bersamaan dengan momen Bulan Literasi PBK pada Maret 2023 ini, pihaknya mengajak seluruh Pialang Berjangka untuk bersama-sama melakukan edukasi ke seluruh lapisan masyarakat.

BACA JUGA: SIG Raih BUMN Terpopuler di Ajang PR Indonesia Awards 2023

"Dan saya sangat senang ajakan tersebut mendapat sambutan positif dari Agrodana Futures yang menggelar beberapa kegiatan literasi di berbagai kota,” tambah Udi Margo Utomo.

Pasalnya, penipuan yang dilakukan oleh oknum dengan kedok PBK menimbulkan kerugian yang tidak sedikit di masyarakat.

BACA JUGA: UMKM Sahabat SandiUno Beri Akses Pasar Lewat AllFood International Expo

Ada yang berupa penawaran produk investasi dengan jaminan profit yang dilakukan melalui berbagai media sosial, ada yang berupa transaksi PBK oleh institusi illegal, dan berbagai modus operandi lainnya di antaranya robot trading.

“Literasi keuangan yang semakin tinggi tentu akan membantu melindungi masyarakat dari berbagai penipuan dan investasi bodong. Oleh karena itu, Agrodana tidak henti-hentinya melakukan edukasi dengan berbagai media misalnya Youtube, Instagram, Facebook maupun kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi seperti Universitas Surabaya,” tutur Laurentius Gunawan, Direktur Utama PT. Agrodana Futures.

Saat ini di Indonesia juga sudah tersedia transaksi PBK kontrak Micro yang resmi yaitu GOFX.

GOFX merupakan produk eksklusif dari ICDX yang menyediakan berbagai kontrak micro untuk produk Gold, Crude Oil dan Forex.

"Transaksinya langsung terjadi di Bursa ICDX, sehingga sangat transparan. Jadi masyarakat tidak perlu tergiur iming-iming pialang illegal yang menawarkan kontrak Micro. Cukup hubungi Agrodana Futures dan nasabah bisa langsung buka akun GOFX untuk bertransaksi Micro,” tambah Nursalam, Direktur Utama ICDX.

Transaksi yang tercatat di Bursa ICDX dijamin oleh Lembaga Kliring ICH.

Masyarakat bisa melakukan pengecekan apakah transaksinya sudah tercatat melalui akun e-CITRA. Jadi masyarakat perlu meminta akun e-CITRA dari Pialang Berjangkanya untuk meningkatkan keamanan.

Di samping itu, setoran dana nasabah wajib disetorkan ke Rekening Terpisah (Segregated Account) atas nama Pialang Berjangka, dan nasabah bisa melakukan pengecekan Rekening Terpisah serta legalitas Pialang Berjangka melalui www.bappebti.go.id.

“Agrodana selalu mengutamakan kepuasan dan kenyamanan nasabah, maka setiap nasabah pasti langsung menerima akun e-CITRA dan kami adalah satu-satunya Pialang Berjangka yang menjamin penarikan dana dalam waktu kurang dari 1 jam sudah masuk ke rekening nasabah. Semua ini kami lakukan agar nasabah memiliki pengalaman yang baik bertransaksi PBK Bersama Agrodana,” saut Laurentius Gunawan.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler