Matador Terbaik di Akhir Tahun

Kamis, 18 Desember 2008 – 16:04 WIB
ZURICH - Spanyol memastikan sebagai tim nasional (timnas) terbaik dunia 2008Itu terjadi setelah Tim Matador -sebutan Spanyol- tersebut tetap menempati peringkat nomor satu FIFA yang dirilis kemarin (17/12)

BACA JUGA: Laudrup Tertantang Berkarir di Inggris

Dengan 1.663 poin, juara Euro 2008 itu mengungguli Jerman yang notabene finalis Euro 2008 pada posisi kedua dengan 1.381 poin.

Memang tak salah menyebut Matador sebagai timnas terbaik sepanjang tahun ini
Selain trofi Euro 2008 di Austria-Swiss Juni lalu, Iker Casillas dkk mencatat rekor tak terkalahkan tahun ini

BACA JUGA: Milan Lempar Handuk

Dari 16 laga, Spanyol yang di awal tahun berada pada posisi keempat menorehkan 15 kali kemenangan dan sekali seri


Sebagai catatan, sekali seri itu adalah laga perempat final Euro 2008 lawan Italia pada 22 Juni lalu yang berkesudahan 0-0 hingga 90 menit dan extratime, tapi dimenangi 4-2 via adu penalti

BACA JUGA: Empat Laga, Panpel Raup Rp 3 Miliar

"Tahun ini adalah tahun kebanggaan sepak bola negeri kami," kata Vicente del Bosque, entrenador atau pelatih Spanyol, di situs resmi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Dalam sejarah sepak bola, Spanyol adalah satu-satunya timnas yang bisa menempati ranking satu dunia tanpa pernah juara Piala DuniaDi laga pemungkas tahun ini, Matador berhasil mengalahkan Cile 3-0 dalam friendly game di Estadio El Madrigal pada 19 November lalu.

Dengan status tim nomor satu dunia plus rekor tak terkalahkan itu, Spanyol difavoritkan bakal menjadi Team of The Year dalam gala award FIFA di Zurich, Swiss, pada 2 Januari nantiSejak 1993, hanya Brazil, Argentina, Belanda, Jerman, dan Honduras yang pernah meraihnya.

Dari daftar ranking akhir tahun atau setelah penghitungan 1.040 laga internasional yang dimainkan sepanjang tahun ini, Kroasia termasuk tim kejutan karena bisa menembus peringkat ketujuhTim asuhan Slaven Bilic itu mengungguli Inggris (ranking kedelapan) maupun Prancis, Portugal, dan Republik Ceko yang ketiganya sama-sama di ranking ke-11.

Bagaimana Indonesia? Tim Merah Putih terpuruk di peringkat ke-139 dengan 179 poinCharis Yulianto dkk turun tujuh tingkat dari posisinya bulan laluItu tak lepas dari kegagalan skuad asuhan Benny Dolo tersebut menjuarai Piala Grand Royal di Myanmar pada 11-21 November laluDi ajang itu, Indonesia dua kali menyerah dari tuan rumah(dns/aww)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bendol Jangan Coba-Coba Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler