Mau Tahu Harga Mobil Mewah Anak SYL yang Disita KPK? Jangan Kaget

Sabtu, 01 Juni 2024 – 10:46 WIB
Satu unit Toyota Innova Venturer yang disita KPK dari putri eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Indira Chunda Thita. ANTARA/HO-KPK

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyita kendaraan mewah dari keluarga eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Adapun aset tersebut adalah Toyota Innova Venturer dari Indira Chunda Thita, yang merupakan putri eks Mentan SYL.

BACA JUGA: KPK Tangkap Mantan Mentan SYL karena Panik?

"Sesuai dengan berita acara penyitaan, mobil ini disita dari anggota DPR RI periode 2023—2024 Indira Chunda Thita," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (31/6).

Dia menambahkan mobil itu ditemukan di Kota Bandung, Jawa Barat.

BACA JUGA: Firli Tersangka, Eks Mentan SYL Merespons Begini

Menurut dia, pembelian mobil itu menggunakan identitas pihak lain yang selanjutnya dimutasikan lagi kepemilikannya untuk menghilangkan jejak asli dari pemilik sebenarnya.

Penyidik KPK selanjutnya akan mengonfirmasi temuan itu dengan memeriksa sejumlah saksi dan dikonfirmasi langsung kepada tersangka SYL untuk melengkapi berkas perkara penyidikan dugaan TPPU.

BACA JUGA: Heboh Mentan SYL Diduga Diperas Pimpinan KPK, Jokowi Berkata Begini

Terlepas dari kasus tersebut, Toyota Innova Venturer yang disita KPK itu merupakan mobil mewah di kelas multi purpose vehicle (MPV).

Mobil tujuh penumpang tersebut bahkan sering menjadi tunggangan para pejabat negara, seperti Sandiaga Uno.

Soal harga, mobil itu dibanderol mulai dari Rp 407 jutaan hingga Rp 466 jutaan.

KPK mengumumkan telah memulai penyidikan perkara dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terhadap eks Mentan SYL sebagai pengembangan dari kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Tim penyidik KPK dalam beberapa waktu terakhir sedang melakukan pelacakan dan penyitaan aset yang diduga berasal dari hasil korupsi di Kementerian Pertanian.

Tim penyidik KPK pada Selasa (14/5) menyita satu unit kendaraan mewah Mercedes Benz Sprinter 315 CD warna hitam yang diduga milik SYL yang disembunyikan di Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Periksa Mantan Mentan SYL dan 5 Saksi di Bareskrim Polri


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler