Mau Tahu Soal Fitur AYC di New Xpander Cross? Simak Penjelasan Rifat Sungkar

Minggu, 28 Agustus 2022 – 00:08 WIB
Fitur AYC di New Xpander Cross. Foto: ridho

jpnn.com, JAKARTA - Mitsubishi Xpander Cross 2023 yang baru saja diluncurkan tidak sekadar menjual kosmetik, tetapi juga menawarkan sensasi berkendara yang berbeda.

Fitur paling menonjol di multi purpose vehicle (MPV) terbaru besutan Mitsubishi itu ialah Active Yaw Control (AYC) pada New Xpander Cross.

BACA JUGA: Menyiksa Mitsubishi Xpander Cross 2022 di Berbagai Rintangan

Fitur AYC dapat meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan saat bermanuver secara cepat atau di jalan licin.

Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan secara otomatis mengerem roda depan di bagian dalam tikungan.

BACA JUGA: Mitsubishi Bukukan 3.589 Unit Selama di GIIAS 2022, Xpander Paling Diminati

Kemudian meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Fitur yang pertama kali digunakan pada Mitsubishi Lancer Evo itu beroperasi bersama dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC).

BACA JUGA: Saat Menciumi Siswi SMK, Pak Camat Kaget Istrinya Mengetuk Pintu, Rasain!

Duta Merek Mitsubishi Indonesia Rifat Sungkar menjelaskan secara teknis bahwa AYC merupakan fitur lanjutan dari ABS dan ASC.

"AYC akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control. ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihatan agak slip, putaran mesin dikurangi, tetapi ketika mobil sudah di jalurnya, mobil pasti akan lebih kencang, untuk itulah AYC bekerja," ucap Rifat.

Dia menjelaskan terdapat empat variabel yang menentukan kinerja AYC, antara lain wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem.

"Empat hal itu bekerja bareng. Ini advanced sekali, ketika ASC mobil bekerja, pasti kecepatan mobil akan lebih pelan karena sistem memerlukan waktu untuk berpikir sesuai grip mobil saat itu," jelas Rifat.

"Namun untuk mobil yang menggunakan AYC, maka kecepatan akan disesuaikan dengan putaran mesin, sehingga dapat mempertahankan momentum sesuai kondisi jalan."

Selain itu, Mitsubishi juga menyempurnakan stabilitas Xpander Cross melalui ubahan suspensi belakang.

"Shockbreaker belakang diubah menjadi mirip Pajero Sport. Jadi stabilitasnya lebih oke," ujar suami aktris Sissy Prescillia itu.

Rifat mengatakan, dengan mengadopsi suspensi dari Pajero Sport maka New Xpander Cross akan tetap nyaman dikemudikan meski dinaiki penumpang dengan kapasitas maksimal.

General Manager of Product Strategy Division MMKSI Guntur Harling menjelaskan New Xpander Cross hadir dengan tidak menyandang status facelift.

Beberapa ubahan diberikan untuk menimbulkan kesan top grade feeling. Mulai dari eksterior hingga interior.

Tampilan luar yang lebih segar dimulai dari desain headlamp baru, grille baru, front under garnish dengan aksen silver metallic dipadu desain bumper baru.

Kemudian tambahan roof rail berkelir hitam dan pelek baru 17 inci.

Masuk ke interior, kekedapan suara di dalam kabin ternyata ditingkatkan.

"Kami meningkatkan kekedapan suara di mobil dengan memasang cover mesin, serta beberapa pengedap suara di berbagai titik yang ada di area kap mesin," Guntur menambahkan.

Selain itu, ada layar LED 8 inci, wireless charging dan palang kemudi dari desain Pajero Sport.

Xpander Cross 2023 hadir dengan dua varian, CVT Premium Package dan Manual Transmission.

Tersedia dalam lima pilihan warna, mencakup Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan warna baru Green Bronze Metallic.

New Xpander Cross dibanderol dengan harga on the road Jakarta Rp 309.950.000 (Xpander Cross MT), dan Rp 335.750.000 (Xpander Cross Premium Package CVT). (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Briptu Wendi Tewas, Ada Luka Tembak di Kepala, Polda Aceh Bergerak!


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler