Mayoritas Caleg Gagal, Dukungan FPD Tak Akan Dongkrak Suara Prabowo-Hatta

Rabu, 18 Juni 2014 – 18:43 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan ratusan anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR untuk mendukung duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di pemilu presiden nanti diprediksikan tak akan banyak berimbas pada perolehan suara duet calon presiden yang diusung Koalisi Merah Putih itu. Pasalnya, banyak di antara anggota-anggota FPD yang gagal meloloskan diri sendiri menjadi anggota DPR lagi, sehingga efektifitas dukungan ke Prabowo-Hatta pun diragukan.

Menurut pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens, sulit mengharapkan dukungan dari orang-orang yang gagal untuk memperjuangkan diri saat pemilu legislatif lalu. “Mereka hanya gerbong kosong yang tidak akan berpengaruh apapun,” ujar Boni di Jakarta, Rabu (18/6).

BACA JUGA: Kadis Kesehatan Tangsel jadi Tersangka Kasus Puskesmas

Sebelumnya Ketua FPD Nurhayati Ali Assegaf bersama 114 koleganya di fraksi mendeklarasikan dukungan ke Prabowo-Hatta. Namun, dari 148 anggota FPD di DPR 2009-2014, ternyata hanya 61 orang saja yang bisa lolos lagi ke Senayan.

Boni menambahkan, sebenarnya keputusan 115 anggota FPD di bawah Nurhayati Ali Assegaf untuk mendukung duet Prabowo-Hatta justru berlawanan dengan sikap Ketua Umum PD, Susilo Bambang Yudhoyono yang memilih netral. Artinya, kata Boni, sebenarnya para politisi di FPD tak mampu membaca keinginan SBY.

BACA JUGA: Tim Prabowo Bantah Bela Obor Rakyat

Merujuk pada sebuah hasil survei, Boni mengatakan bahwa mayoritas pemilih PD justru memilih mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla. “Itu artinya ada kekecewaan terhadap mereka yang kemudian konstituen mereka lebih memberikan kepercayaan kepada Jokowi-JK,” ulas Boni yang kini memimpin Lembaga Pemilih Indonesia itu.

Sebelumnya, IndoBarometer dalam surveinya mengungkap bahwa langkah petinggi PD mendukung Prabowo-Hatta tak sejalan dengan massa pemilih partai binaan SBY itu di tingkat akar rumput. Sebab, 47,6 persen pemilih PD justru memberikan dukungan ke Jokowi-JK. Sedangkan 36,6 persen memilih Prabowo-Hatta dan sisanya 15,9 persen belum menentukan pilihan.(jpnn)

BACA JUGA: Marzuki Yakin Kader Demokrat Pilih Prabowo-Hatta

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Elektabilitas Jokowi-JK Stagnan, Ini Saran dari Relawan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler