Mbak Amelia Buka Salon Khusus Hewan Kurban, Mau Coba?

Jumat, 09 September 2016 – 06:26 WIB
Intan Amelia (paling kiri) saat merawat kambing kurban di alan Layur Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat, Tegal. Foto: Radar Tegal/JPG

jpnn.com - TEGAL - Penjual kambing dan sapi jelang Iduladha biasanya panen pembeli. Para penjual juga berlomba-lomba menarik pembeli.

Tapi penjual kambing di Kelurahan Tegalsari di Kecamatan Tegal Barat, Tegal bernama Intan Amelia (29) ini punya cara berbeda untuk menarik minat pembeli. Ia sengaja menyediakan salon untuk kambing kurban.

BACA JUGA: Ssttt... Ada Karaoke di Lokasi Mencari Pesugihan

Amelia sudah 15 tahun ini menggeluti usaha penjualan hewan kurban. Usaha itu merupakan bisnis warisan dari mendiang ayahnya.

Namun, Amelia memang harus bisa bertahan di tengah persaingan. Karenanya ia dalam beberapa tahun terakhir ini menyediakan layanan salon kambing.

BACA JUGA: Tragis, Dua Konsultan Pembangunan Jalan Trans Papua Tewas

Amelia dibantu sejumlah tenaga harian memberi makan serta merawat puluhan kambing jenis domba, jawa, etawa serta sapi agar tetap gemuk dan sehat saat disembelih. Bahkan, melalui layanan salon itu pula ada cara khusus untuk mempertahankan kondisi kesehatan dan berat badan hewan kurban yang sudah dipesan pembeli.

Menurut Amelia, layanan salon hewan kurban itu diawali dengan memandikan kambing atau sapi menggunakan sampo. Hal itu untuk mengurangi bau sekaligus menyegarkan kondisi fisik hewan kurban.

BACA JUGA: Oknum PNS Mabuk Terekam Warga, Ridwan Kamil Berang

Kambing atau sapi yang selesai dimandikan lantas dikeringkan menggunakan pengering disertai pijatan-pijatan. Tujuannya untuk relaksasi agar sapi atau kambing tidak stres.

Selanjutnya, hewan kurban juga diberi jamu khusus untuk menjaga stamina. Jamu khusus itu terdiri dari  racikan rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, gula merah, lada, garam, dan kunyit yang dihaluskan.  

"Ramuan yang diracik itu warisan turun temurun dan sudah mengantongi sertifikat resmi dari Dinas Kelautan dan Pertanian yang melegalkan jamu," ujarnya.

Karenanya, Amelia pun memiliki pelanggan setia berkat layanan salon hewan kurban itu. Menurutnya, pelanggan menganggap layanan tambahan itu membuat hewan kurban bertambah gemuk dan tetap sehat.

Ia menuturkan, sejak H-10 saja sudah menjual 160 ekor kambing dengan kisaran harga Rp 2,3 juta hingga 2,9 juta. Sedangkan untuk sapi harganya bervariasi antara Rp juta hingga Rp 30 juta.(syf/adi/zul/jpg/ara/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Praak! Pentolan Buruh Hantamkan Gelas ke Kepalanya Sendiri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler