Mbak Puan Minta Pemerintah Percepat Penyaluran Bantuan ke UMKM

Kamis, 15 Oktober 2020 – 22:43 WIB
Ketua DPR Puan Maharani saat mengunjungi pelaku UMKM di Gianyar, Bali, Kamis (15/10). Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, BALI - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mempercepat penyaluran bantuan untuk UMKM. Sebab, sektor ini berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

“Sebab para pelaku UMKM ini akan menggerakan perekonomian lokal dan nasional,” kata Puan usai berdialog dengan para pengrajin tenun Cakcak (Songket Bali) di Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Bali, Kamis (15/10).

BACA JUGA: Ferdinand Hutahaean Sebut Massa Tolak UU Cipta Kerja Sangat Sedikit

 

Perempuan pertama yang menjadi ketua DPR itu menyampaikan bahwa UMKM terbukti mampu menjadi bagian dari solusi untuk masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Inilah Beberapa Kalimat di Grup WA KAMI, Ada Kata Maling dan Setan

“Terbukti di sini, mereka yang kehilangan pekerjaan di sektor pariwisata, kembali ke rumah, bekerja sebagai penenun kain Cakcak,” ucap ketua DPP PDI Perjuangan itu.

 

BACA JUGA: Tegas! Mabes TNI Bakal Pecat Oknum Prajurit Berperilaku LGBT

Menurut Kepala Desa Pejeng Kangin, I Gede Purnadi Yoga, ada sekitar 100 orang pengrajin tenun di desanya. Sebelum terdampak pandemi Covid-19, para penenun itu bekerja di sektor pariwisata.

“Kini mereka kembali ke rumah dan kembali menjadi penenun," ungkap Gede Purnadi.

Nah, Puan mengatakan bahwa pengajin tenun harus diberi kesempatan mengembangkan usahanya dengan program bantuan modal dan pembinaan, termasuk cara promosi serta pemasarannya. Para penenun diharapkan dapat lebih sejahtera sekaligus melestarikan kain tradisional Bali.

“Kalau hasil dari membuat tenun cukup bagi pemasukan keluarga, maka anak-anak muda akan tertarik jadi penenun sehingga tenun tradisional Bali tidak punah," ungkap perempuan yang menyukai kain-kain tradisional tersebut.

Dia menegaskan, penyaluran bantuan untuk UMKM harus sejalan dengan percepatan penyerapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Karena itu perlu terobosan agar penyerapan anggaran PEN sesuai target, baik secara jumlah, penerima, dan manfaatnya untuk masyarakat.

“Harus ada upaya khusus dalam mempercepat penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional tersebut,” tegas Puan.

Dia menambahkan, penyerapan anggaran dapat dilakukan dengan peningkatan pelaksanaan program kesehatan, perlindungan sosial, serta bantuan pada pelaku UMKM.

“Termasuk para pengrajin tenun Cakcak ini. Mereka butuh bantuan modal, juga bantuan sosial karena rata-rata mereka kehilangan pekerjaan akibat pandemi,” pungkasnya.(jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DPR RI   Puan Maharani   Mbak Puan   UMKM   Pandemi  

Terpopuler