Mbak Rerie Beberkan Cara Hindari Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19

Minggu, 17 Oktober 2021 – 19:03 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie. (Dok. Pribadi)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat membeberkan cara menghindari ancaman gelombang ketiga Covid-19.

Dia mengatakan ancaman gelombang ketiga covid-19 hanya bisa dihindari dengan kedisplinan para pemangku kepentingan.

BACA JUGA: Mbak Rerie Sampaikan Kabar Kurang Sedap Terkait Pemulihan Dampak Pandemi

Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat dan para pelaksana menjalankan kebijakan pengendalian Covid-19 yang telah ditetapkan.

"Semua elemen bangsa harus disiplin menjalankan sejumlah kebijakan pengendalian Covid-19 yang telah ditetapkan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam siaran persnya, Minggu (17/10).

BACA JUGA: Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Sanitize Zone Kini Tersedia di Enam Pasar

Satu saja pihak yang tidak disiplin, kata dia, akan mengacaukan upaya pengendalian yang dilakukan.

Menurut Rerie-sapaan akrab Lestari Moerdijat- pemerintah membuka kembali pintu masuk bagi wisatawan mancanegara.

BACA JUGA: Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, IDI Minta Perketat Penjagaan Pintu Masuk Indonesia

Dalam beberapa pekan terakhir mengemuka pula kabar ada tokoh publik yang tidak menjalani kewajiban karantina usai bepergian dari luar negeri.

Peristiwa itu, kata dia, menciptakan dampak buruk upaya pengendalian Covid-19 di tengah perkiraan sejumlah pakar terkait potensi gelombang ketiga pascaliburan akhir tahun.

Rerie menegaskan tokoh publik seharusnya memberikan contoh yang baik dan memiliki tanggung jawab lebih besar dalam mematuhi sejumlah kebijakan pemerintah.

Apalagi, tambahnya, dalam kasus tersebut yang diabaikan bertujuan agar virus corona tidak menyebar lebih luas.

Rerie menilai, upaya pengendalian Covid-19 tidak akan berhasil tanpa peran aktif seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh publik dan aparat keamanan.

Pasalnya mereka merupakan bagian dari elemen masyarakat yang memiliki kewajiban dan tanggung jawab dalam mengendalikan penyebaran virus corona di tanah air.

Ketegasan para pemangku kepentingan dalam menerapkan sanksi atas pelanggaran kebijakan itu, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus dilakukan demi menegakkan aturan dan kelancaran proses pengendalian Covid-19.

Menurut Rerie, kolaborasi yang baik antara elemen bangsa selama pandemi itu terbukti mampu menekan jumlah kasus positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Kondisi tersebut, tegasnya, jangan dirusak dengan ketidakdisiplinan sebagian masyarakat dalam menjalankan kewajiban yang berlaku.

"Harus dibutuhkan konsistensi semua elemen bangsa dalam melaksanakan sejumlah kebijakan yang telah ditetapkan," kata Rerie. (mrk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warning dari Mbak Rerie soal Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler