Mbak Rerie: Generasi Muda Sudah Aktif Ambil Bagian dalam Berwirausaha

Senin, 11 Desember 2023 – 22:09 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan ada sejumlah target untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dari sisi pelaku wirausaha. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan ada sejumlah target untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dari sisi pelaku wirausaha.

Salah satunya harus konsisten direalisasikan dengan memanfaatkan sejumlah sumber daya yang dimiliki.

BACA JUGA: Lestarikan Alam, Camat Rancabali Bersama Jajaran Tanam 1.200 Pohon di Peringatan HMPI 2023

"Generasi muda saat ini juga sudah aktif ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan kewirausahaan, sehingga bisa jadi faktor pendorong untuk mencetak pengusaha-pengusaha baru," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/12).

Catatan Kementerian Koperasi dan UKM mengungkapkan saat ini Indonesia baru mencapai rasio kewirausahaan sebesar 3,47%.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Sebut Generasi Muda Harus Berperan Aktif untuk Bersaing di Masa Depan

Padahal untuk dikategorikan sebagai negara maju pada 2045, Indonesia harus memiliki rasio entrepreneur atau wirausaha mencapai 12% dari populasi.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 65,82 juta pemuda di Indonesia pada 2022.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Dorong Strategi Pembelajaran Berorientasi Terhadap Perubahan Pola Pikir

Jumlah itu setara dengan 24 persen dari total populasi di Indonesia.

Menurut Lestari, sejumlah catatan tersebut harus menjadi dasar para pemangku kepentingan untuk secara bersama-sama mewujudkan pertumbuhan jumlah pengusaha di Indonesia.

"Tentu saja harus dimulai dengan sejumlah langkah yang mampu membangun ekosistem berusaha yang memadai bagi para generasi muda dan pemula," kata Rerie, sapaan akrab Lestari,

Sejumlah program inkubasi untuk para calon wirausaha muda, ujar Rerie harus konsisten dijalankan untuk membangkitkan semangat para pemuda memasuki ke dunia usaha.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mendorong semua pihak peduli dan berpartisipasi aktif dalam proses melahirkan para wirausaha baru di tanah air, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

"Kami sangat berharap sejumlah target yang telah ditetapkan dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dapat direalisasikan sehingga amanah konstitusi untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dapat segera tercapai," pungkas Lestari Moerdijat. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lestari Moerdijat: Perbaikan Kualitas Demokrasi Harus Konsisten Demi Rakyat


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler