Mbrebes Mili, Sapi Jokowi Berbobot 1 Ton Tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya

Minggu, 16 Juni 2024 – 17:59 WIB
Sapi asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur bernama Mbrebes Mili yang dipesan Presiden Joko Widodo tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya sekitar pukul 06.00 WIB, Minggu (16/6). Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Sapi asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur bernama Mbrebes Mili yang dipesan Presiden Joko Widodo tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya sekitar pukul 06.00 WIB, Minggu (16/6).

Sapi jenis peranakan ongol milik peternak bernama Teguh ini memiliki berat 1,010 kg atau 1 ton dan berumur lima tahun.

BACA JUGA: Detik-Detik Sapi Jokowi di Solo Disembelih, Susah Banget, Lihat Videonya

Humas Masjid Al-Akbar Helmy M Noor mengatakan sapi kurban yang dikirimkan oleh Presiden Jokowi ini merupakan yang ke 10 kali.

"Alhamdulilah sapi Presiden Jokowi secara istiqomah berkurban di Masjid Al-Akbar Surabaya hampir 10 tahun. Di 2024 ini bertepatan dengan 1445 hijriah,” kata Helmy ditemui.

BACA JUGA: Lihat Tuh, Sapi Jokowi Buat Jemaah Masjid Almarhamah, Harganya Rp 93 Juta

Helmy menyebut sapi putih dengan memiliki punuh satu itu diberi nama Mbrebes Mili oleh peternaknya.

Alasan pemberian nama tersebut, lantaran sang peternak bahagia sapinya dibeli oleh Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Sembuh dari COVID-19, Achmad Purnomo Serahkan Sapi Jokowi ke Masjid Agung

“Kenapa dikasih nama Brebes Mili, menurut Perternak Sapi Prasiden Jokowi pak Teguh karena saking bahagianya sapinya dibeli oleh Presiden Jokowi jadi kurban di tahun 2024,” ucapnya.

Selain sapi milik Presiden Jokowi, Helmy menyebut ada pula hewan kurban dari pejabat lainnya, yakni sapi milik Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto.

“Kemudian ada dari Pangdam juga dan Ibu Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur Periode 2019/2024,” tambahnya.

Nantinya, semua hewan kurban yang ada di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan dilakukan pemotongan mulai Selasa (18/6).

“Hewan kurban yang ada di masjid nasional Surabaya akan dipotong H+1 tepatnya hari Selasa tanggal 18 Juni 2024 mulai badah subuh,” terangnya.

Helmy menerangkan jumlah hewan kurban diprediksi tahun 2024 ini akan bertambah dibanding tahun sebelumnya 2023. Dia menyebut, tahun ini kebanyakan hewannya berbobot lebih besar dari tahun lalu.

“Tahun ini insyallah bertambah. Biasanya malam Iduladha akan ketahuan berapa jumlah perolehan hewan kurban sapi maupun kambing. Tahun kemarin sebanyak 30 sapi dan 40 kambing. Tahun ini sampai semalam adalah 26 sapi dan kambinh sudah hampir 40an,” tandas Helmy. (mcr23/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Ardini Pramitha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler