Medan Hospital Expo ke-12 Tampilkan Alat Kesehatan Terkini, Ada Pengobatan Gratis 

Rabu, 14 Februari 2024 – 20:32 WIB
Medan Hospital Expo ke-12 bakal digelar dengan menampilkan alat kesehatan terkini Foto dok. Medan Hospital Expo

jpnn.com, MEDAN - Medan Hospital Expo ke-12 bakal digelar pada 21 hingga 23 Februari 2024.

Pameran industri kesehatan itu rencananya diselenggarakan bersamaan dengan seminar dan workshop Perumahsakitan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Sumatra Utara ke-14 bertema Kesiapan Rumah Sakit dalam Transformasi Kesehatan di Era Digital. 

BACA JUGA: Waringin Hospitality Tebar Donasi 1For1ForIndonesia, untuk Gandakan Kebaikan

Penyelenggara Medan Hospital Expo ke-12, Yudha Imam Sutedja, S.Kom, M.M memaparkan pameran itu menempati lahan seluas 555 m2 yang diikuti perusahaan-perusahaan pelaku industri alat kesehatan produksi dalam dan luar negeri. 

Alat-alat kesehatan yang dipamerkan merupakan kebutuhan rumah sakit serta keperluan pribadi di rumah.

BACA JUGA: Pameran Study in UK Expo 2024 Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

Selain itu, ikut berpartisipasi juga sejumlah rumah sakit di wilayah Sumut.

”Peralatan kesehatan terkini yang dipamerkan sangat beragam, mulai alat diagnosis, baju seragam rumah sakit, alat emergensi, mesin laundri, sistem informasi digital rumah sakit, peralatan kamar, tempat tidur pasien, alat diagnosis pribadi seperti alat cek gula darah, tensimeter dan termometer,” beber Yudha  dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/2).

BACA JUGA: Pameran BRITE Tampilkan Hasil Riset 47 Exhibitor Mahasiswa

Pria yang menjabat sebagai Direktur Marketing & Finance PT. Okta Sejahtera Insani itu menargetkan sekitar 2.500 pengunjung akan hadir.

Mulai dari para pelaku layanan fasilitas kesehatan, baik itu yang mengikuti rangkaian seminar dan workshop Perumahsakitan besutan PERSI Wilayah Sumatra Utara maupun datang untuk pameran hingga masyarakat umum. 

Pengunjung dapat masuk tanpa berbayar dan tidak perlu registrasi daring.

Jangan lewatkan pula pemeriksaan kesehatan gratis, yaitu cek gula darah, lemak darah, golongan darah dan kolesterol total.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan donor darah yang dilakukan PMI Kota Medan.  

”Medan Hospital Expo ke-12 adalah fasilitas yang mempertemukan penyedia alat-alat kebutuhan rumah sakit dengan konsumen sekaligus menyediakan informasi produksi teknologi terkini, terutama kalangan perumahsakitan di Medan serta Sumatra Utara," bebernya.

Dia berharap pameran itu diharapkan juga bisa menjadi pusat pameran alat-alat kesehatan dan kebutuhan rumah sakit di wilayah Indonesia bagian barat.

Yudha optimistis pameran itu bisa menjadi pendorong tumbuh kembangnya industri alat kesehatan sekaligus memenuhi kebutuhan rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. 

Ketua PERSI Wilayah Sumatra Utara dr.Syaiful M.Sitompul menyatakan tantangan kesehatan di masa datang terjadi ketika informasi makin cepat, tepat dan akurat.

Penyelenggaraan expo serta seminar dan workshop ini untuk mendukung kalangan rumah sakit, anggota PERSI Wilayah Sumut dalam meningkatkan kualitas pelayanannya, termasuk aspek digitalisasi. 

"Pada acara ini, kami juga juga akan memperkenalkan sistem elektronik rekam medis, yaitu Sistem Manajemen Generic Open Source Versi 2 dengan membuka stand khusus agar masyarakat perumahsakitan mendapat informasi secara lengkap," terangnya.

dr. Syaiful juga menekankan pentingnya rumah sakit mengakses informasi tentang alat-alat kesehatan yang sudah mempunyai teknologi digital akan memungkinkan tenaga medis bekerja lebih efektif, cepat, tepat dan akurat. 

Saat ini di Sumut terdapat 208 rumah sakit, sedangkan anggota PERSI Wilayah Sumut adalah 179 rumah sakit. 

"Kami berharap bisa mendapat informasi tentang alat-alat kesehatan canggih di Medan Hospital Expo yang sudah memakai teknologi digital," pungkasnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BacaYok! Gelar Pameran Seni, Usung Tema Antirokok


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler