Media Asing Beritakan Keberhasilan Demokrat

Senin, 31 Maret 2014 – 17:37 WIB

jpnn.com - JAKARTA -- Pemilihan umum tak hanya digelar di dalam negeri. Tapi, Warga Negara Indonesia di luar negeri yang sudah mempunya hak pilih juga merayakan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Ketua Departemen Bidang Perencanaan Pembangunan Nasional DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga mengatakan, sepanjang pengalamannya bersosialisasi di beberapa negara, WNI yang berada di Daftar Pemilih Tetap (DPT) luar negeri sejauh ini masih sangat antusias untuk mengikuti pemilu.

BACA JUGA: Mega: Jokowi Bukan Boneka Saya

Namun, masalah paling mendasar yang Kastorius temukan di Timur Tengah dan Malaysia, WNI yang bermukim di sana mayoritas pembantu rumah tangga. Tempat Pemungutan Suara (TPS) jauh dari tempat tinggal mereka.

“Banyak di antara mereka tidak mendapat izin dari majikan untuk melakukan pemungutan suara. Ini yang jadi masalah bagi kami,” terang pria yang pernah mengenyam pendidikan di Bielefeld University, Jerman ini.

BACA JUGA: GPII Nilai SBY Komit Lindungi TKI

Dijelaskannya, antusiasme pemilih di beberapa negara lain terhadap partai yang diusungnya pun menunjukkan indikasi yang menggembirakan.

Alasannya adalah karena nama Indonesia sudah sangat harum di luar negeri. Menurutnya, ini adalah hal yang sangat positif bagi para pemilih di luar negeri.

BACA JUGA: Dalang Wayang Golek Asep Sunandar Meninggal Dunia

“Media-media di luar seperti CNN kerap memberitakan tentang Partai Demokrat yang berhasil memberikan contoh baik tentang demokrasi dan mengutamakan kesejahteraan rakyat," jelas Kastorius.

Pengamat politik Prayudi Setiadarma menilai pemilih luar negeri pada setiap masa pemilu selalu menujukkan antusiasme tinggi.

"Saya pernah tinggal di Australia dan melihat antusiasme pemilih di luar negeri sangat tinggi, kecuali mereka yang bekerja di informal. Tapi kalau minta izin, mereka tetap bisa datang ke TPS dan memberikan suaranya," ujarnya.

Lebih jauh Prayudi berpendapat, meski pada tahun 2014 ini banyak partai yang berkompetisi untuk memperoleh suara terbanyak, namun Partai Demokrat mendapat tempat tersendiri di hati pemilih di luar negeri.

“Pemilih di luar negeri saya lihat lebih kritis dan melihat semua persoalan berdasarkan pemikiran matang. Tentu dari informasi yang mereka peroleh dari berbagai media, nama Indonesia di forum-forum internasional cukup mendapat tempat yang baik. Dan sosok SBY berperan penting mengapa Indonesia diakui oleh dunia,” pungkasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mega Sampaikan Salam Jokowi untuk Sulut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler