Media Sosial X Kembangkan Fitur Pengeditan Pesan di DM

Rabu, 31 Juli 2024 – 07:51 WIB
Fitur baru di media sosial X. Foto: Livia Kristianti/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Media sosial X tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna lebih mudah melakukan penyuntingan, atau edit pada pesannya di layanan Direct Message (DM).

Informasi itu termasuk baru dan merupakan angin segar bagi pengguna X, khususnya bagi mereka yang telah meminta fitur ini dalam beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Media Sosial X Mengumumkan Menyimpan Tab Like, Ini Alasannya

Pasalnya, pengguna nantinya bisa memperbaiki kesalahan saat mengetik di DM tanpa perlu mengirim pesan baru.

Fungsi tersebut dalam platform media sosial sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru, karena sudah ditawarkan dalam aplikasi pesan instan lainnya seperti WhatsApp dan Telegram.

BACA JUGA: Media Sosial X Memperbarui Fitur Komunitas

Pengembangan fitur edit di DM dikonfirmasi oleh seorang karyawan X yang bernama Enrique, lewat akun X miliknya bernama @enriquebrgn.

Dia mengumumkan bahwa tim pengembangan X mulai mengerjakan fitur untuk melakukan editing di DM, dan hal itu pun terlihat didukung oleh Elon Musk sang pemilik X.

BACA JUGA: Media Sosial X Memanfaatkan Chatbot AI Grok di Fitur Stories on

Elon memberikan emoji "muscle arm" seolah memberikan semangat pada tim pengembangan X untuk fitur tersebut.

Belum ada waktu pasti kapan fitur itu dirilis, tetapi ada beberapa balasan di cuitan tersebut sempat dibahas juga mengenai fitur "edit" untuk balasan-balasan di X.

Enrique membalas seakan hal-hal itu akan dikerjakan perlahan-lahan atau baby steps, menyiratkan sebenarnya fitur itu bukan prioritas langsung.

Apabila fitur pengeditan pada DM di X ditambahkan maka tentu hal ini memberikan penambahan fungsi dan pengalaman bagi pengguna.

Pengguna bisa mendapatkan lebih banyak kontrol dan fleksibilitas atas percakapan, yang dapat menyebabkan komunikasi lebih jelas dan lebih sedikit kesalahpahaman.

Hal-hal seperti memperbaiki kesalahan ketik dengan cepat atau menambahkan detail penting setelah pesan dikirim, adalah beberapa contoh yang mungkin bisa dilakukan oleh pengguna.

Beberapa aplikasi yang memungkinkan pengeditan pesan juga menawarkan kemampuan untuk berhenti mengirim pesan sepenuhnya. Tidak jelas pada titik ini apakah X akan menyertakan fitur ini juga atau tidak.

Jika nantinya X juga ikut menghadirkan fitur itu maka akan lebih banyak lagi kontrol pengguna pada percakapan yang dikirimnya, bahkan memungkinkan mereka untuk menarik kembali pesan yang mereka sesali dikirim. (phonearena/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Media Sosial X Bersiap Meluncurkan Aplikasi TV


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler