Media Sosial X Memperbarui Fitur Komunitas

Senin, 20 Mei 2024 – 08:45 WIB
Media sosial X. Foto: Livia Kristianti/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Media sosial X merilis versi baru fitur Komunitas, yang memungkinkan pengguna berjejaring seputar topik yang diminati, masing-masing dengan ruang dan linimasa tersendiri.

X mengumumkan sejumlah perubahan pada Komunitas, termasuk peningkatan alat penemuan, rekomendasi, pencarian, dan opsi penyortiran.

BACA JUGA: Media Sosial X Memanfaatkan Chatbot AI Grok di Fitur Stories on

Tujuan pembaruan ialah untuk menghubungkan lebih banyak basis pengguna X dengan orang lain, di mana mereka dapat membuat unggahan tentang topik tertentu dan mengomentari unggahan orang lain.

Komunitas adalah bagian penting dari upaya untuk menjadikan X - sebelumnya Twitter, sebagai perusahaan yang lebih bernilai dalam hal data yang ditawarkan.

BACA JUGA: Media Sosial X Bersiap Meluncurkan Aplikasi TV

Platform sosial milik Elon Musk itu memiliki hubungan dengan perusahaan AI miliknya, xAI, dan chatbot Grok milik xAI memiliki akses ke data real-time X, atau yang sebelumnya dikenal sebagai tweet.

Namun, dengan Komunitas X, perusahaan dapat membangun sesuatu yang sama berharganya dengan Twitter.

BACA JUGA: Media Sosial X Ditengarai Merugi Puluhan Juta Dolar AS Gegara Ini

Idealnya, Komunitas dapat berkembang menjadi sumber informasi yang dapat menyaingi Reddit, yang datanya kini hanya tersedia bagi mereka yang membayar, sehingga dapat menghasilkan jutaan dolar.

Setelah peningkatan fitur, pengguna X dapat menemukan unggahan dari Komunitas baru, yang sedang tren langsung dari tab Jelajahi di bagian tersebut.

X juga akan mulai menampilkan rekomendasi Komunitas kepada pengguna di linimasa mereka, yang merupakan dorongan besar lain untuk membantu fitur ini mendapatkan lebih banyak perhatian.

Selain itu, Komunitas akan lebih mudah ditemukan karena dapat dicari berdasarkan topik.

Setelah orang-orang bergabung dengan Komunitas, mereka akan dapat mengurutkan unggahan berdasarkan apa yang sedang tren di Komunitas tempat mereka bergabung.

X menyampaikan bahwa Komunitas nantinya juga akan menambahkan analisis komunitas untuk moderator, Community Spaces (produk audio langsung X), dan alat moderasi yang lebih baik.

Jika X dapat meyakinkan lebih banyak pengguna untuk bergabung dan mengunggah di Komunitas, akan ada peningkatan jumlah data yang diberikan kepada Grok, sehingga akan menguntungkan bagi X dan xAI.

X sudah menawarkan akses ke chatbot Grok untuk pelanggan berbayarnya, dan xAI mendapatkan distribusi luas untuk Grok melalui X. (techcrunch/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Media Sosial X Kembali Merilis Peraturan Baru Untuk Langganan Premium


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler