Media Sosial X Sedang Mengembangkan Tombol Downvote

Senin, 15 Juli 2024 – 21:01 WIB
Ilustrasi media sosial X yang mengembangkan fitur baru. Foto: Antara/Sizuka

jpnn.com, JAKARTA - Media sosial X sedang mengembangkan fitur yang mirip dengan dislike, yang nantinya dikenal dengan tombol downvote.

Hadirnya tombol itu kembali dicoba untuk mempermudah pengguna, mengekspresikan rasa tidak setuju pada sebuah unggahan konten di X.

BACA JUGA: X Umumkan Layanan Live Streaming Bakal Berbayar, Media Sosial Lain Gratis

Disebutkan bahwa fitur downvote sebenarnya menyerupai tombol "tidak suka".

Lebih lanjut, referensi kode yang ditemukan di aplikasi iOS X terbaru menampilkan tombol downvote muncul dengan ikon patah hati di sebelah tombol suka yang berbentuk hati.

BACA JUGA: Media Sosial X Mengumumkan Menyimpan Tab Like, Ini Alasannya

Sebenarnya pada saat sebelum akuisisi Elon Musk, Twitter pernah menguji fitur downvoting pada 2021, tetapi tak ada kelanjutan dari fitur tersebut.

Setelah tiga tahun, fitur itu kembali diuji coba dan X tengah mempertimbangkan untuk menaruh lebih banyak balasan bernada positif di bagian atas sebuah unggahan baru.

BACA JUGA: Netizen X Kompak Mengkritik Kompol Rossa Purba: Merusak Nama KPK!

Lalu, balasan yang kurang disukai akan ditaruh di bagian bawah rangkaian pesan.

Hal itu dinilai dapat mencegah pengguna mengunggah konten yang dirancang khusus untuk membuat marah orang, dan mencoba menimbulkan rasa tidak suka sebagai bentuk keterlibatan.

Awal Juli, insinyur Aaron Perris lewat akun @aaronp613 di X, menemukan referensi di aplikasi iOS X yang mereferensikan fitur downvote yang tampaknya sedang dalam pengembangan.

Dia menemukan file gambar tambahan di aplikasi iOS yang menunjukkan bahwa tombol tersebut dapat diberi gaya patah hati, serta lebih banyak referensi langsung ke fitur itu sendiri.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan di X, Perris menemukan bahwa aplikasi X kini menyertakan beberapa referensi baru yang ditambahkan ke fungsi downvoting, serta rangkaian teks yang meminta pengguna untuk mengambil tindakan dan mengonfirmasi downvote mereka.

Misalnya, satu pesan berbunyi “Apakah Anda ingin memberi suara negatif pada postingan ini? Sementara yang lain hanya menginstruksikan pengguna untuk “Tidak memberi suara negatif pada postingan ini”.

Tombol tidak suka juga dilaporkan terlihat di akun karyawan X yang telah membagikan demo video tentang cara baru untuk memperluas balasan.

Sejauh ini, pihak X belum memberikan konfirmasi terkait fitur atau tombol downvote tersebut. (techcrunch/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Media Sosial X Memanfaatkan Chatbot AI Grok di Fitur Stories on


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler