Megawati Dapat Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan dari Vladimir Putin, Pertama dalam Sejarah RI 

Rabu, 02 Juni 2021 – 14:00 WIB
Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri akan menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari Republik Federasi Rusia.

Penghargaan itu diberikan mengingat jasa-jasa besar Megawati dalam mempererat persahabatan, kerja sama, dan saling menghargai antarrakyat Indonesia dan Rusia.

BACA JUGA: Megawati Singgung Petugas Partai, Nyarwi: Upaya Memagari Kader PDIP agar Tidak Tergoda

Megawati yang juga ketua umum PDIP itu akan menjadi orang yang pertama dari Indonesia yang menerima penghargaan Bintang Jasa ini.

Penghargaan ini sudah berlangsung sejak sekitar 2000 lalu.

BACA JUGA: Megawati: Sudah Anak Presiden, Saya Pernah Mengungsi Juga

Beberapa penerima Bintang Jasa Persahabatan ini antara lain adalah Mahathir Mohammad (2003), Nelson Mandela (2005), Lee Kuan Yew (2009), Mahmoud Abbas (2013), Ban Kim Moon (2016).

“Penghargaan State Order of Friendship dapat dikategorikan sebagai penghargaan negara Rusia untuk penerima dengan prestasi dan jasa yang luar biasa," kata Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah dalam siaran pers, Rabu (2/6).

BACA JUGA: Amendemen Disetujui, Vladimir Putin Berpotensi Jadi Presiden Tiga Periode

Basarah mengatakan Bintang Jasa Negara ini disematkan kepada Megawati sebagai Presiden Kelima RI melalui Dekrit Presiden yang diteken Vladimir Putin 10 Februari 2020, dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan Indonesia-Rusia.

Sejatinya, ujar Basarah, penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Presiden Vladimir Putin dalam upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Rusia pada November 2020 lalu.

"Namun, berhubung adanya pandemi Covid-19, maka Bintang Jasa baru bisa diserahkan oleh Duta Besar Lyudmila Vorobyova di Jakarta pada hari di kediaman Bu Mega di Jalan Teuku Umar," kata Basarah.

Dia melanjutkan Megawati akan didampingi oleh kedua anaknya, Prananda Prabowo dan Puan Maharani. Selain itu, ada juga sejumlah elite PDI Perjuangan, yakni Yasonna Laoli, Hasto Kristiyanto, dan Ahmad Basarah.

Dia menambahkan Megawati telah menjadi pelopor dalam membangun peradaban politik yang penuh damai dan persahabatan bagi dunia.

"Penghargaan ini menjadi bukti upaya konkret Ibu Megawati sebagai ketua umum partai terbesar di Indonesia, PDI Perjuangan, bagi persahabatan dunia. Beliau dalam setiap kesempatan di forum-forum international senantiasa menekankan politik damai penuh persahabatan yang bermartabat dan saling menghargai,” ucap Basarah.

Wakil ketua MPR ini juga menyatakan yang dilakukan Megawati sejalan dengan pidatonya bahwa politik bukanlah sekadar menang kalah dalam setiap pemilu.

Namun, sebuah proyek sejarah dan ideologi dalam upaya membangun sendi-sendi kehidupan dan batu peradaban yang memungkinkan rasa kemanusiaan mewujud dan berkembang. (tan/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler