Megawati Soerkarnoputri Ingin Kekhususan Beasiswa untuk Ilmu Matematika hingga Biologi

Selasa, 09 November 2021 – 19:30 WIB
Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga PDIP Eriko Sotarduga dalam acara Sosialisasi Peluang Beasiswa LPDP di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/11). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginginkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda untuk berkuliah khususnya dalam menuntut ilmu murni, seperti matematika, biologi, fisika, dan kimia. 

"Ibu Mega menitipkan pesan, kemarin kebetulan kami diskusi lama dan beliau menitipkan pesan agar LPDP jangan lupa mengkhususkan bagi ilmu-ilmu murni, itu matematika, biologi, fisika, kimia," kata Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga PDIP Eriko Sotarduga dalam Sosialisasi Peluang Beasiswa LPDP di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/11).

BACA JUGA: Teddy Sulistio Bilang Begini Usai Penuhi Panggilan DPD PDIP Jateng

Dia menjelaskan bahwa Presiden Pertama RI Soekarno pada 1950-an pernah mengirimkan puluhan ribu mahasiswa Indonesia ke luar negeri untuk menuntut ilmu.

Menurut Eriko, Bung Karno ingin para mahasiswa itu kembali lagi ke Indonesia membawa kemajuan setelah mengenyam pendidikan di luar negeri. 

BACA JUGA: Andreas PDIP Minta Dunia Olahraga Nasional Dikelola Orang Profesional

"Itu yang diajarkan Bung Karno melalui Trisaksi, berdiri di atas kaki sendiri, supaya generasi mengambil alih dengan pengetahuannya mengelola Indonesia dengan lebih baik," jelas dia.

Eriko juga mengapresiasi LPDP yang telah memberikan beasiswa kepada 28 ribu mahasiswa. 

BACA JUGA: Bu Mega Mendorong Pemuda Rebut Beasiswa LPDP Demi Indonesia yang Berdikari

Sekarang, katanya, masih 6 ribu yang sedang dalam proses beasiswa.

Selain itu, Eriko menyampaikan kepada LPDP apabila ada calon mahasiswa tidak lolos seleksi beasiswa juga bisa mengajukan lewat PDIP.

"Nanti bisa melalui website PDI Perjuangan, kami akan bantu untuk menyalurkan,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Eriko kembali mengingatkan perintah dari Megawati Soekarnoputri bahwa partai bukan hanya bicara soal kekuasaan semata. 

“Sekali lagi, Ibu Ketua Umum memerintahkan kami (bahwa) partai politik itu bukan bicara soal kekuasaan, tetapi bagaimana bisa bermanfaat bagi masyarakat seutuhnya," ungkap Eriko.

Anggota Komisi X DPR Andreas Pareira mengingatkan, berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) ada 65 juta penduduk usia muda atau 25 persen populasi. 

Selain itu, lanjut Andreas, terdapat 52 persen generasi Y dan Z. 

Menurut dia, kelompok ini merupakan masa depan Indonesia.

Dia mengatakan generasi muda harus tangguh untuk menghadapi Indonesia emas 100 tahun pada 2045. 

“Bayangkan sekarang kalau mereka mengambil S2 dan S3 di usia-usia 25, ini 2045 mereka usia 49 tahun, itu mereka yang akan mengelola Indonesia berdasarkan Pancasila," kata Andreas. 

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri juga oleh Anggota Komisi X DPR Andreas Pareira, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto, dan Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto juga memberikan pernyataannya melalui telekonferensi. (tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Boy
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler